Kamar Lembab di Musim Hujan Berbahaya untuk Kesehatan, Ini Tips Mengatasinya

Ari Kurniawan | 1 Desember 2023 | 22:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Satu hal yang paling menyebalkan saat masuk musim penghujan adalah rumah yang tadinya hangat, kering dan mudah bersih menjadi mudah basah, lembap, udara dingin dan kotoran air hujan menumpuk. Efek jangka panjang yang akan Anda alami adalah ruangan mulai memunculkan titik hijau, flek rembesan air dan aroma tak sedap dari dinding ruangan. 

Berikut tips mengatasi kamar kembab dan berjamur:

1. Hindari menyimpan benda pemicu lembab di dalam ruangan yang sensitif

Benda pemicu lembab seperti pot bunga, cairan penyemprot kaca secara tidak langsung akan membuat tingkat kelembaban ruangan menjadi tinggi. Tumbuhan di sekitar ruangan juga berpotensi memunculkan jamur dan flek basah pada tembok.

2. Pakai Dehumidifier

Dehumidifier adalah alat untuk membatasi, mengerem kadar kelembaban ruangan agar tidak terlalu tinggi. Dengan Anda menggunakan alat Notale Smart Dehumidifier Grandia Pro maka kelembaban yang berlebihan akan diserap oleh dehumidifier Grandia Pro agar stabil dan tetap kering. Dehumidifier Grandia Pro dapat menyerap kadar air di udara, dan air di udara tersebut akan ditampung pada tempat penampungan air. Dehumidifier Grandia Pro ini dapat menampung kadar air di udara hingga 35L/hari pada ruangan seluas up to 80m2.

Memakai Notale Dehumidifier Grandia Pro dapat menghindari penyebab kamar lembab. Kadar kelembaban yang baik untuk tidak menimbulkan jamur bekisar antara 45% - 65%. Terlebih, kondisi Negara Indonesia di kawasan khatulistiwa dan beriklim tropis menyebabkan kadar kelembapan secara umumnya memang tinggi.

3. Mencari sumber kelembaban

Sumber kelembaban yang paling cepat adalah tanah yang dekat dengan sumber air. Anda bisa memindahkan aliran air yang dekat dengan ruangan atau memberikan proteksi air dengan cor semen yang kuat. Air yang meresap ke dalam tanah menjadikan tembok cepat lembab dan berjamur, kemudian hawa menjadi lebih dingin.
Dapatkan produk Notale Smart Dehumidifier Grandia Pro yang kini tersedia di toko online resmi Notale. Notale menyediakan garansi resmi 12 bulan dengan service center yang tersebar di 30 kota di seluruh Indonesia.

Penulis : Ari Kurniawan
Editor: Ari Kurniawan
Berita Terkait