Hindari Peradangan, Begini Cara Membersihkan Area Miss V yang Benar

Redaksi | 3 Desember 2023 | 15:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Peradangan di area miss V atau vaginitis seringkali tidak disadari kaum Hawa. Padahal diperkirakan 30 persen wanita mengalami vaginitis. Penyebabnya mulai dari virus, parasit, jamur, sampai perubahan keseimbangan antara kuman yang baik dan kuman jahat.

Sebagai pencegahan, dokter spesialis obstetri dan ginekologi, Grace Valentine mengingatkan untuk mengutamakan kebersihan miss V. Selain itu, miss V harus dalam keadaan kering. Karena kondisi miss V yang lembap bisa memicu tumbuhnya jamur.

Cara membersihkannya juga wajib diperhatikan. Grace mengingatkan untuk menyeka miss V dari arah depan ke belakang.

"Tidak boleh menyeka dari belakang ke depan karena di belakang kan ada lubang anus yang mengandung banyak kuman dari feses (kotoran)," beri tahu Grace dalam diskusi yang diselenggarakan Rumah Sakit Pondok Indah Group.

Menurut Grace, membersihkan area kewanitaan paling aman dengan air. Namun sabun pembersih khusus dengan kadar pH yang tepat boleh digunakan.

"pH normal area kewanitaan, bersifat agak asam. Kalau sabun cuci biasa, pH-nya basa. Jika pH di area ini berubah, kuman jahatnya akan bertambah," terang Grace.

Lalu bagaimana dengan penggunaan tisu basah khusus untuk membersihkan area kewanitaan? Kadar pH dan kandungan tisu basah wajib diperhatikan. 

"Paling aman pakai air terus dikeringkan dengan tisu atau handuk basah. Karena kalau pakai tisu basah harus dikeringkan lagi memakai tisu," pungkas Grace. 

Penulis : Redaksi
Editor: Redaksi
Berita Terkait