Lakukan 4 Hal Ini agar Terhindar dari Alergi yang Disebabkan Bulu Hewan

Ari Kurniawan | 2 Februari 2024 | 08:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Bagi pemilik hewan peliharaan berbulu seperti anjing dan kucing, Anda perlu mewaspadai bulu maupun dander. Pasalnya, kedua hal tersebut sangat mempengaruhi kualitas udara dalam ruangan dengan hewan peliharaan, yang kemudian bisa berpengaruh pula pada kesehatan Anda dan keluarga.

Sebagai pemilik hewan peliharaan, Anda tentu sudah tak asing lagi dengan betapa tidak nyamannya ketika terdapat bulu-bulu hewan yang beterbangan di udara. Ditambah dander alias ketombe hewan peliharaan yang ukurannya sangat beragam, termasuk yang seukuran mikroskopis. 

Ketika tidak diperhatikan dengan baik, bulu hewan maupun dander sama-sama bisa menyebabkan reaksi alergi. Tak hanya itu, keduanya pun bisa menempel pada pakaian hingga makanan.

Untungnya, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan kualitas udara dalam ruangan dengan hewan peliharaan agar bulu hewan dan dander bisa diminimalisir.

Berikut inu solusi yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan kualitas udara di dalam hunian meskipun ada hewan peliharaan kesayangan. 

Teratur Menyikat dan Menyisir Bulu

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah menyikat dan menyisir bulu hewan peliharaan kesayangan secara teratur. Dengan begitu, kulit-kulit mati yang menempel pada tubuh hewan peliharaan dan kemudian menjadi dander bisa rontok. 
Dan agar dander serta bulu hewan tidak beterbangan bebas di dalam ruangan, lakukan hal ini di luar ruangan saja, ya. Kemudian, pastikan Anda juga mengenakan masker agar tidak ada bulu hewan dan dander yang terhirup.

Atur Jadwal Mandi Rutin untuk Hewan Peliharaan

Anda mungkin berpikiran bahwa makin sering Anda memandikan hewan peliharaan, makin baik. Tapi anggapan tersebut justru keliru. Pasalnya, makin sering hewan peliharaan mandi, makin cepat kering kulitnya sehingga juga mempercepat terbentuknya dander.

Hanya saja, bukan berarti hewan peliharaan Anda tidak perlu mandi, lho. Anda tetap perlu memandikannya, namun lakukan secara rutin sesuai dengan jadwal yang sudah Anda buat. Dengan begitu, hewan peliharaan Anda akan selalu bersih dan tidak cepat bau.

Batasi Ruangan yang Bisa Dimasuki Hewan Peliharaan

Sebisa mungkin batasi ruangan-ruangan tempat hewan peliharaan Anda bisa beraktivitas. Dan tentukan di ruangan mana saja hewan peliharaan tidak bisa masuk, seperti kamar tidur. Solusi ini lebih baik terutama jika Anda tidak ingin membatasi ruang gerak hewan kesayangan.

Gunakan Air Purifier Khusus Hewan Peliharaan Berbulu

Kemudian, Anda bisa tingkatkan kualitas udara dalam ruangan dengan hewan peliharaan dengan menggunakan air purifier khusus hewan peliharaan, contohnya Levoit Vital 100s Pet Air Purifier, yang secara khusus memang didesain untuk para pemilik hewan peliharaan.

Penulis : Ari Kurniawan
Editor: Ari Kurniawan
Berita Terkait