Tips Makan Makanan Sehat untuk Mengatasi Sembelit 

Ari Kurniawan | 21 Februari 2024 | 18:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Untuk menghindari masalah kesehatan, penting untuk menjaga pola makan. Salah satu risiko makanan yang kurang sehat adalah sembelit. 

Menurunnya kesehatan pencernaan sebenarnya dapat dihindari jika kita tetap mengonsumsi serat. Faktanya, selain menunjang kesehatan pencernaan, serat juga menjadi poin penting dalam mendukung kesehatan secara fisik dan mental. Berdasarkan anjuran Kementerian Kesehatan, orang dewasa dianjurkan mengonsumsi 25-30 g serat setiap harinya.

Ketika kita mengabaikan untuk tidak mengonsumsi serat atau mengurangi asupan serat, maka yang terjadi adalah sembelit atau susah buang air besar (BAB). Namun ini hanya lah dampak ringan dan awal dari kurangnya serat. Jika terus menerus kekurangan sayur dan buah, maka kemungkinan akan terjadi efek yang lebih merugikan kesehatan kita, seperti ambeien atau wasit, naiknya gula darah dan kolesterol, bahkan gangguan suasana hati (mood).

Untuk menghindari terjadinya sembelit, dibutuhkannya serat dari sayur dan buah, atau makanan sumber serat lainnya. Sayangnya, tidak semua orang suka dan dapat memenuhi kebutuhan serat hariannya. Berikut adalah beberapa tips untuk membangun kebiasaan konsumsi makanan lebih sehat.

• Pilih Makanan Berwarna

Tambahkan banyak warna dalam piring makan Anda yang berasal dari aneka jenis makanan. Makanan aneka warna seperti buah-buahan dan sayur banyak mengandung beragam nutrisi penting.

• Pilih Karbohidrat Kompleks

Karbohidrat kompleks seperti roti gandum, nasi merah, dan pasta gandum utuh daripada karbohidrat sederhana seperti roti putih atau pasta putih. Karbohidrat kompleks cenderung memberikan energi yang lebih tahan lama dan mengandung lebih banyak serat.

• Minum Banyak Air

Serat bekerja lebih baik dalam tubuh saat dikonsumsi bersama air. Pastikan untuk minum cukup air sepanjang hari untuk membantu kinerja serat dengan baik.

• Tambahkan Serat Secara Perlahan

Perlahan-lahan tambahkan serat di setiap porsi makan untuk memberi tubuh waktu untuk beradaptasi. Pada beberapa orang, konsumsi serat yang berlebihan secara tiba-tiba bisa menyebabkan perut bergas dan kembung.

• Camilan Kaya Serat

Pilihlah camilan sehat seperti wortel atau apel atau kacang-kacangan bisa menjadi cara yang baik untuk meningkatkan asupan serat.

Selain untuk memenuhi kebutuhan serat harian, tips di atas juga dapat meningkatkan kesehatan secara menyeluruh. Jika tidak sempat untuk menyiapkan serat setiap harinya, Anda dapat dibantu melengkapinya dengan suplemen tinggi serat.

Suplemen tinggi serat seperti FibreFirst aman dikonsumsi setiap hari karena kandungannya dari sayur dan buah asli. Suplemen FibreFirst juga menggunakan pemanis alami dari stevia, sehingga menjadikan FibreFirst rendah kalori.

Suplemen tinggi serat FibreFirst berfungsi untuk meningkatkan kesehatan pencernaan, melancarkan pencernaan, membantu mengontrol gula darah, menurunkan kolesterol, dan sebagai bonusnya dapat membantu kamu mencapai bodygoals.

Penulis : Ari Kurniawan
Editor: Ari Kurniawan
Berita Terkait