5 Efek Samping Bagi Kesehataan saat Minum Kopi Dalam Keadaan Perut Kosong

Dian Safitri | 29 Februari 2024 | 10:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Kopi adalah minuman yang telah menjadi bagian tak terpisahkan dari rutinitas pagi bagi jutaan orang di seluruh dunia. Namun, seringkali timbul pertanyaan mengenai keamanan minum kopi saat perut kosong, terutama di pagi hari. 

Studi mengungkapkan bahwa meminum kopi dengan keadaan perut kosong dapat memicu gangguan proses penyerapan nutrisi, berpotensi membahayakan sistem kekebalan tubuh. Kebiasaan itu juga dapat memperburuk refluks asam (penyakit lambung) dan meningkatkan kadar kortisol. 

Meskipun telah ditetapkan bahwa kopi dapat membantu Anda tetap energik dan segar sepanjang hari, ada juga beberapa efek samping ketika Anda meminum kopi dengan keadaan perut kosong. 

Berikut adalah beberapa efek samping menurut ahli gizi Deepti Lokeshappa seperti dilansir oleh Health Shots, jika Anda minum kopi saat perut kosong:

1. Kecemasan dan kegelisahan

Kafein yang terkandung dalam kopi memiliki efek stimulan pada sistem saraf, yang dapat meningkatkan kecemasan dan ketegangan bagi beberapa orang, terutama jika dikonsumsi dengan perut kosong.

2. Risiko iritasi lambung

Kopi bersifat asam dan ketika dikonsumsi dengan keadaan perut kosong, itu dapat memperburuk masalah keasaman lambung yang meningkat secara signifikan, dan juga dapat menyebabkan iritasi lambung atau refluks asam pada beberapa individu. Ini dapat menyebabkan gejala seperti sakit perut, mulas, atau rasa terbakar di dada.

3. Gangguan pencernaan

Minum kopi saat perut kosong juga dapat mengganggu sistem pencernaan bagi beberapa orang seperti sindrom iritasi usus besar atau penyakit radang usus. Ini bisa menyebabkan gejala seperti diare, perut kembung, atau buang gas berlebihan.

4. Penurunan kinerja mental

Meskipun kafein dapat meningkatkan kewaspadaan dan kinerja mental untuk sebagian orang, minum kopi saat perut kosong juga dapat menyebabkan penurunan kinerja mental atau konsentrasi pada beberapa individu. 

5. Gangguan metabolisme glukosa

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa minum kopi saat perut kosong dapat mengganggu regulasi gula darah, terutama pada individu yang memiliki resistensi insulin. Hal ini dapat berdampak negatif bagi mereka yang memiliki diabetes atau masalah metabolik lainnya.

Dengan itu, pastikan Anda untuk selalu mengimbangi minum kopi dengan makanan, terutama makanan yang mengandung karbohidrat kompleks atau protein, untuk membantu menetralkan efek kafein pada lambung. 

Penulis : Dian Safitri
Editor: Ari Kurniawan
Berita Terkait