9 Tips Praktis Berkebun untuk Pemula, Bisa Dimulai dari Pekarangan Rumah

Ari Kurniawan | 5 Maret 2024 | 08:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Berkebun menjadi pilihan banyak orang, baik untuk sekadar mengisi waktu maupun mencari penghasilan tambahan. 

Untuk pemula, memulai berkebun tidaklah sulit. Ada banyak referensi atau tutorial bisa ditemukan di media sosiak, termasuk dari akun @infarm.id

Dewa Wiradipta sebagai founder dari Infarm menjelaskan bahwa media sosial mereka memang berisi tips dan konten tentang berkebun.

"Sosial media infarm sering membagikan konten tentang manfaat berkebun, tips praktis dan ide-ide kreatif menanam, cara memulai berkebun untuk pemula," beber Dewa Wiradipta.

Dewa pun menjelaskan ada sekiranya 9 tips untuk pemula bisa memulai berkebun secara mudah dan bisa dilakukan di rumah.

1. Pilihlah tempat yang mendapat sinar matahari yang cukup minimal 6-8 jam

Salah satu faktor untuk tanaman bisa tumbuh dengan subur adalah tempat menanam yang terkena sinar matahari. Setidaknya butuh 4-8 jam paparan sinar matahari agar tanaman bisa subur.

2. Pastikan tanahmu subur dan memiliki drainase yang baik

Drainase atau pengairan menjadi faktor penting untuk bisa memiliki areal perkebunan yang subur, terlebih jika ingin menanam banyak jenis. Bagi Dewa menentukan tanah yang subur serta adanya drainase yang baik adalah faktor penting untuk memulai berkebun.

3. Untuk pemula pilih tanaman yang mudah tumbuh seperti kangkung dan sawi caisim

Mulailah dari jenis-jenis tanaman yang mudah perawatan serta proses penanamannya seperti kangkung dan caisim. Hal itu bisa membuat seseorang semakin nyaman dan percaya diri untuk memulai menanam bibit tanaman lainnya.

4. Pilih benih atau bibit yang berkualitas

Meski masih pemula, tak ada salahnya mencari tahu dan membaca soal bibit-bibit unggul untuk memulai berkebun. Pastikan benih atau bibit yang dipilih berkualitas untuk hasil yang maksimal.

5. Penyiraman yang tepat

Meskipun ada drainase yang baik, melakukan penyiraman yang tepat jadi salah satu kunci tanaman bisa tumbuh subur. Jangan terlalu banyak atau terlalu sedikit. Pastikan untuk menyiram tanaman secara teratur.

6. Pemupukan yang teratur

Dalam berkebun pupuk merupakan nutrisi tambahan untuk tanaman, banyak jenis pupuk yang bisa disesuaikan dengan tanamannya. Jangan lupa berikan pupuk secara teratur untuk memastikan tanaman mendapatkan nutrisi yang cukup.

7. Semprot pestisida secara rutin

Bukan hanya pupuk, faktor lain yang bisa membantu sebuah tanaman tumbuh subur adalah dengan menyemprot pestisida secara rutin, setidaknya 1 minggu sekali.

8. Konsistensi dalam perawatan

Sama hal dengan hobi lainnya, berkebun juga butuh komitmen serta konsistensi dalam perawatan. Jangan pernah lelah untuk meluangkan waktu pada tanaman yang sudah dirawat sejak masih bibit, karena akan jadi kepuasan tersendiri jika tanamannya berhasil tumbuh subur.

9. Bersabar dan nikmati proses

Setelah berhasil konsisten, setiap orang yang ingin memulai berkebun harus bisa bersabar dan menikmati prosesnya.

Dewa menjelaskan juga tujuannya menghadirkan Infarm adalah untuk membuat berkebun jadi sebuah budaya yang umum di era sekarang.

"PT Kayuan Infarm Indonesia bisa dianggap sebagai salah satu agen yang mendorong dan menggerakkan budaya berkebun untuk kalangan masyarakat. Caranya dengan menginspirasi orang untuk mulai berkebun melalui sosial media," ujarnya.

Penulis : Ari Kurniawan
Editor: Ari Kurniawan
Berita Terkait