Inspirasi 10 Menu Buka Puasa yang Sehat dan Menyegarkan

Ari Kurniawan | 25 Maret 2024 | 20:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Saat sahur, pastinya Anda memperhatikan tipe makanan yang akan disantap agar tetap fit dan tidak mudah lapar. Begitu pula untuk waktu berbuka, di mana Anda juga perlu mempertimbangkan makanan yang sehat dan menyegarkan.

Pasalnya, tidak jarang di mana banyak orang berpuasa yang justru langsung makan gorengan atau makanan tidak sehat lainnya dalam jumlah banyak setelah perut kosong seharian.Padahal, seharusnya perut diisi dengan makanan yang sehat dan bergizi agar perut tidak menjadi sesak dan mendapatkan energi kembali.

Lantas, apa saja menu buka puasa sehat yang bisa dikonsumsi? Berikut ada inspirasi 10 menu buka puasa yang sehat dan menyegarkan yang bisa dibuat dengan mudah di rumah.

1. Semur Kentang Daging

Energi yang hilang setelah seharian berpuasa perlu diisi dengan mengonsumsi daging. Daging adalah sumber protein terbaik yang bisa bantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah anemia. 

Semur kentang daging menjadi rekomendasi menu buka puasa enak dan sehat untuk disantap bersama keluarga atau rekan terdekat. Rasanya yang gurih dengan perpaduan kuah kental akan membangkitkan selera makan yang hilang. 

Olahan ini juga bisa dijadikan menu anti lemas untuk sahur. Dengan mengonsumsi daging, Anda mendapat asupan protein optimal sehingga lebih produktif dalam beraktivitas sehari-hari. 

2. Capcay Sayur

Sayur-sayuran tidak terelakan lagi menjadi sumber makanan yang kaya akan serat, kalium, Vitamin A, dan mineral. Sayuran hijau mengandung jumlah kalori yang rendah sehingga sangat cocok dikonsumsi setelah berpuasa seharian. Kandungan-kandungan tersebut sangat baik untuk memenuhi kebutuhan tubuh. 

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, Anda bisa membuat capcay sayur yang mudah dan nikmat dikonsumsi siapa pun. Capcay sayur tidak hanya berisi sayuran hijau saja, tetapi juga memadukan bahan makanan lain, seperti wortel, brokoli, jamur, dan sebagainya disesuaikan dengan selera. 

Olahan dengan sedikit kuah ini memberikan cita rasa gurih dan manis tersendiri bagi penikmatnya. Tidak salah jika capcay sayur memang cocok dipadukan dengan berbagai olahan makanan lain, seperti nasi, telur, ayam, dan sebagainya. 

3. Omelet Sayur

Bagi Anda yang sulit atau tidak suka sayur, Anda bisa mencoba olahan perpaduan telur dan sayur yang nikmat ini! Omelet sayur memadukan beragam jenis sayur-sayuran seperti bawang bombay, wortel, paprika, dan lainnya disesuaikan selera.

Perpaduan antara telur dan sayur ini sangatlah cocok karena keduanya kaya akan mineral. Mineral ini sendiri berfungsi untuk membantu dan memperlancar proses metabolisme dalam tubuh. Dengan begitu, tubuh menjadi lebih kuat untuk beraktivitas selama puasa.

Tidak hanya kaya akan kandungan baik, omelet sayur juga sangat cocok sebagai menu anak-anak yang juga menjalani puasa. Anak-anak cenderung tidak suka sayuran hijau karena rasanya yang pahit atau sulit dicerna. Dengan mencampurnya dengan telur, mereka akan lebih mudah mengonsumsinya dan tentu lebih terasa nikmat. 

4. Salad Buah

Menu berikutnya ini bisa dijadikan inspirasi menu buka puasa untuk orang diet. Kandungan serat yang tinggi dalam buah-buahan bisa membantu melancarkan pencernaan Anda. 

Selain itu, Anda pun tetap akan mendapatkan asupan lemak baik yang bagus sebagai sumber energi. Jadi, Anda tidak perlu khawatir jika sedang menjalani program diet, tetapi tetap harus mendapat asupan energi optimal selama puasa. Salad buah-lah solusinya!

5. Cah Kangkung

Jika Anda tidak ingin repot memasak menu buka puasa, cah kangkung bisa jadi rekomendasi menu buka puasa enak dan sehat. Kangkung bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh.

Selama berpuasa, salah satu tantangan terbesar adalah menahan haus dibandingkan menahan lapar. Nah, dengan mengonsumsi kangkung, Anda akan mendapat asupan cairan optimal agar tidak mudah lelah selama berpuasa. 

6. Sayur Pokcoy

Sayur pokcoy mengandung banyak kandungan baik, seperti kalsium, zat besi, fosfor, dan vitamin K yang sangat baik untuk jantung. Sayuran ini memang terkenal menjaga kesehatan jantung dan menstabilkan tekanan darah.

Jadi, bagi Anda atau keluarga Anda yang memiliki penyakit tersebut dan sedang berpuasa, tidak usah bingung lagi untuk menyediakan menu berbuka yang sehat. 

7. Sambal Goreng Ati dan Kentang

Makan saat buka puasa akan semakin nikmat jika ditemani dengan sambal goreng ati dan kentang. Pembuatan menu ini pun sangat mudah sehingga tidak akan membutuhkan waktu lama untuk mempersiapkan menu berbuka.

Selain mudah dan nikmat, sambal juga bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, loh! Sensasi pedas dari cabai yang mengandung vitamin A dan C yang tinggi inilah yang berperan untuk menjaga daya tahan tubuh. 

Tubuh yang lemas setelah berpuasa bisa dikembalikan lagi energinya dengan mengonsumsi menu ini. Selamat mencoba!

8. Soto Ayam 

Soto ayam mengandung kandungan protein yang tinggi dari olahan ayam itu sendiri. Protein ini berperan sebagai antibodi dan sumber energi. 

Tidak heran jika menu ini juga sangat cocok dikonsumsi sebagai menu sahur. Hal penting yang harus diperhatikan selama berpuasa adalah bagaimana menjaga daya tahan tubuh tetap fit dan produktif. 

9. Sup Ikan 

Berpuasa seharian tanpa makan dan minum menjadikan kinerja otak juga melemah. Itulah mengapa banyak orang jadi lebih mudah mengantuk selama berpuasa dibandingkan hari biasanya.

Nah, untuk membantu tubuh tetap produktif dan fokus selama berkegiatan, Anda bisa mengonsumsi sup ikan saat sahur dan sebagai menu buka puasa. Kandungan omega 3 dalam ikan berperan penting untuk perkembangan otak. 

10. Ayam Woku 

Menu buka puasa enak dan sehat terakhir yang bisa Anda coba adalah olahan ayam woku. Pada dasarnya, ayam woku memadukan cita rasa pedas dan gurih yang bisa membangkitkan tenaga bagi siapa pun yang mengonsumsinya. 

Itulah inspirasi 10 menu buka puasa yang sehat dan menyegarkan untuk bisa Anda santap bersama keluarga atau rekan terdekat. Tetap jaga daya tahan tubuh agar dapat menyelesaikan puasa seharian dengan optimal. Selamat mencoba!

Penulis : Ari Kurniawan
Editor: Indra Kurniawan
Berita Terkait