Kolesterol Melonjak setelah Lebaran, Atasi dengan 7 Jenis Makanan Ini

Ari Kurniawan | 13 April 2024 | 13:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Perayaan Lebaran tak lepas dari tradisi makan bersama keluarga. Tentu sangat membahagiakan. Tapi, jangan lengah terhadap risiko meningkatnya kadar kolesterol dalam darah usai menyantap hidangan yang didominasi santan.

Berikut ini beberapa jenis makanan yang bisa menurunkan kadar kolesterol secara umum.

1. Biji rami
Minyak biji rami adalah opsi minyak sehat dan punya manfaat setara minyak ikan. Bila saat ini kita menggunakan mentega untuk memasak, cobalah ganti dengan minyak biji rami untuk melihat perbedaan besar dalam asupan kolesterol.

2. Buncis
Buncis adalah jenis lain makanan yang bisa membantu menurunkan kadar kolesterol karena kaya akan serat larut. Bila dikombinasikan dengan makanan sehat lain seperti sayuran hijau, kita bisa membuat menu makanan enak yang akan menurunkan kolesterol.

3. Teh hitam
Menurut penelitian terbaru, teh hitam sudah terbukti mengurangi lipid dalam darah dan menurunkan kolesterol.

4. Bawang putih
Selain menambah rasa pada makanan, bawang putih juga bisa membantu menurunkan kolesterol. Bawang putih juga mampu mencegah penggumpalan darah, menurunkan tekanan darah, dan melindungi tubuh dari infeksi.

5. Minyak zaitun
Minyak zaitun kaya akan asam lemak mono tak jenuh yang baik buat kesehatan jantung dan memiliki efek samping memangkas lemak perut. Minyak zaitun bia digunakan untuk campuran salad atau ayam bakar.

6. Bayam
Bayam mengandung lutein yang mampu mencegah penyumbatan pembuluh darah dan juga melawan berbagai penyakit degeneratif akibat pertambahan usia.

7. Alpukat
Alpukat mengandung lemak alami yang bisa membantu menyerap kolesterol dari makanan. Karena kandungan lemak yang tinggi, konsumsi alpukat tak boleh berlebihan. Buah ini juga sumber lemak mono tak jenuh bila dimakan dalam jumlah yang wajar. Alpukat juga kaya vitamin, mineral, serta lemak -- semuanya bisa membantu mencegah penyerapan kolesterol oleh tubuh.

Penulis : Ari Kurniawan
Editor: Ari Kurniawan
Berita Terkait