Formula Indonesia Gelar Kampanye Awal Kekuatan Beribu Kebaikan

Ari Kurniawan | 8 Mei 2024 | 07:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Formula melalui produk sikat giginya telah membuktikan bahwa karya anak bangsa dapat menjadi tuan rumah di negeri sendiri. Sikat gigi Formula merupakan pemimpin pasar di Indonesia yang berhasil mengungguli produk-produk sikat gigi yang sebagian besar adalah produk perusahaan asing atau berlisensi asing. 

Peluncuran Formula pertama kali pada 1985 merupakan penanda sejarah OT Group merambah bisnis consumer goods di bidang oral care. Sikat gigi Formula berdasarkan audit ritel yang dilakukan oleh Nielsen Indonesia pada 2022 mencatatkan penjualan lebih dari 17 juta sikat gigi per bulan. Kepercayaan konsumen Indonesia inilah yang terus dijaga selama hampir 40 tahun. Salah satunya dengan konsistensi Formula melakukan aksi-aksi sosial bagi masyarakat Indonesia baik yang dijalankan sendiri maupun berkolaborasi dengan pihak lain. 

Masih dalam payung besar program Formula Untuk Indonesia, pada tahun 2024 ini Formula mengusung tema kampanye “Awal Kekuatan Beribu Kebaikan".
Aksi sosial korporasi ini merupakan rangkaian panjang sejak bulan Ramadan hingga Mei 2024. 

“Formula telah bertahun-tahun menggelar aksi sosial di bawah naungan program Formula untuk Indonesia. Program ini menggandeng sejumlah fakultas kedokteran gigi terbaik di Indonesia serta asosiasi profesi dokter gigi seperti International College of Dentists (ICD), dengan melakukan kegiatan pemeriksaan dan pengobatan gigi gratis dari kawasan barat hingga timur Indonesia," jelas Harianus Zebua, Head of Corporate and Marketing Communication OT Group (Formula Oral Care).

"Puluhan ribu masyarakat Indonesia telah merasakan manfaat kegiatan ini. Pada tahun ini kami kembali menyelenggarakannya namun dengan periode penyelenggaraan yang lebih lama, dengan harapan lebih banyak lagi masyarakat Indonesia dapat dijangkau dan dilibatkan. Puncak pelaksanaan program akan dilakukan pada bulan Mei 2024, di Pulau Seram, Maluku,” lanjutnya.

Pada pertengahan Ramadan Formula berkolaborasi dengan Narasi, media independen yang didirikan oleh presenter Najwa Shihab dalam acara Pesantren Kilat bertema “Belajar Dari Hati”, acara ini menjangkau lebih dari 3.000 kalangan Gen Z di Jakarta. Pada acara ini Formula mengajak peserta untuk menukarkan sikat gigi bekas apapun mereknya untuk ditukarkan dengan sikat gigi baru  Formula  yang akan disumbangkan kepada masyarakat yang kurang mampu. 

Penyaluran sikat gigi Formula ini menggandeng startup fundraising Kitabisa. Kegiatan pengumpulan sikat gigi bekas ini dilanjutkan di Jakarta Lebaran Fair (JLF) Kemayoran yang digelar pada bulan April 2024. Di JLF Kemayoran, Formula bekerjasama dengan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Prof Dr Moestopo Beragama, Jakarta, menggelar aksi pemeriksaan gigi gratis untuk para pengunjung. 

“Pemeriksaan gigi gratis ini merupakan rangkaian aksi sosial kemasyarakatan kolaborasi Formula dengan FKG Moestopo. Kami akan melakukan aksi ini kembali nanti di bulan Mei, tepatnya di Pulau Seram, Provinsi Maluku. Berupa pemeriksaan dan pengobatan gigi gratis. Kami menargetkan minimal 6 ribu masyarakat dapat kami layani. Aksi seperti ini sangat penting sebagai bagian dari edukasi masyarakat tentang kesehatan gigi dan mulut. Riset Kesehatan Dasar 2018 mengungkapkan hanya 2.8 persen masyarakat Indonesia menyikat gigi dengan benar, hal ini sungguh memprihatinkan,” papar drg Adibah M.Biomed, Dosen FKG Moestopo. 

Kegiatan Formula Mlestopo Jelajar Nusantara yang rencananya digelar di kawasan Pulau Seram, Maluku  merupakan penutup rangkaian kegiatan dalam kampanye Awal Kekuatan Beribu Kebaikan. 

“Kesehatan mulut dan gigi yang terjaga dengan baik tentunya akan memberi dampak positif bagi kesehatan tubuh secara umum. Anak-anak dapat mencapai cita-citanya karena ada sebagian pendidikan dan profesi yang mensyaratkan kondisi yang sempurna. Juga tentunya mendukung produktivitas keseharian yang bebas dari gangguan masalah gigi dan mulut. FORMULA sebagai produk asli Indonesia, karya asli anak bangsa Indonesia peduli dengan hal ini. Masyarakat Indonesia yang sehat tentunya modal untuk Indonesia maju dan sejahtera,” tutup Harianus.

Penulis : Ari Kurniawan
Editor: Ari Kurniawan
Berita Terkait