Juan Iskandar Bawa Nama Indonesia di Canada Fashion Council 2024

Ari Kurniawan | 29 Mei 2024 | 07:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Fashion designer asal Indonesia, Juan Iskandar, ambil bagian dalam pembukaan Canada Fashion Council (CFC) 2024 di Toronto, Kanada pada Minggu (26/5) waktu setempat. Keikutsertaan dalam ajang bergengsi tersebut menambah daftar prestasi yang pernah dicatatkannya di dunia fashion internasional.

Pada kesempatan itu Juan Iskandar menampilkan karya dengan tema Metempsikosis (Reinkarnasi): Permadani Jiwa dan Kelahiran Kembali Keanggunan.
Menurutnya, Metempsikosis (Reinkarnasi) merangkai kisah warisan dan inovasi dalam mosaik mode global.

Koleksi tersebut merupakan ziarah busana dari kawasan Asia Tenggara yang semarak ke catwalk kosmopolitan Kanada, menceritakan kisah perjalanan jiwa melintasi benang waktu.

Seperti burung phoenix yang bangkit dari abu, setiap karya menjulang tinggi dalam drama dan volume, menjanjikan banyak ekspresi dalam satu bentuk.

Pengikat tersembunyi dan komponen yang dapat disesuaikan adalah rahasia di dalam kain, siap untuk mengungkap inkarnasi desain berikutnya.

Dalam kisah persinggahan artistik Juan Iskandar, bayangkan setiap pakaian sebagai sebuah bab, setiap jahitan sebagai sebuah kata, dan setiap warna sebagai sebuah syair.

Seperti jiwa dalam metempsikosis, desain Juan Iskandar telah berevolusi, makin berani seiring berjalannya waktu dan bertransformasi seiring dengan kebijaksanaan setiap reinkarnasi.

Dia menyebut Koleksi ini merupakan perayaan siklus kehidupan yang abadi, setiap akhir hanyalah awal dari awal yang baru, kelahiran kembali gaya dan substansi yang abadi.

"Metempsikosis (Reinkarnasi) mewujudkan metamorfosis dinamis, yang mencerminkan evolusi desainer dan karya seni. Gaun-gaun tersebut adalah entitas hidup, yang bertransformasi di depan mata kita, menciptakan siluet baru, setiap gerakan mengungkapkan aspek baru, seperti jiwa yang kehilangan nyawa dalam usahanya mencari pencerahan," ungkap Juan Iskandar dalam keterangan resminya.

Juan Iskandar tidak hanya mendesain pakaian dalam koleksi yang dipertunjukkan di Canada Fashion Council.

Dia juga mengukir perjalanan jiwa, sebuah pengembaraan yang melintasi masa lalu dan masa kini untuk melihat keindahan dalam transformasi dan merangkul siklus pertumbuhan yang abadi.

Adapun Canada Fashion Council (CFC) merupakan organisasi nirlaba nasional yang didedikasikan untuk mempromosikan dan mendukung industri mode Kanada.

Misi CFC adalah untuk memperkuat ekosistem fesyen Kanada, mendukung desainer dan profesional industri, mempromosikan fesyen Kanada secara global, dan menumbuhkan industri yang berkelanjutan dan inklusif.

CFC mencapai tujuan tersebut melalui berbagai inisiatif, termasuk Pekan Mode Musiman Toronto (FWT), Fashion Fund dengan memberikan dukungan finansial kepada desainer pendatang baru, serta Inisiatif Keberagaman dan Inklusi dengan mendorong keberagaman, kesetaraan, dan inklusi dalam industri.

Keikutsertaan Juan Iskandar dalam Canada Fashion Council (CFC) 2024 diharapkan bisa memotivasi fashion designer muda untuk terus berkarya. 

Penulis : Ari Kurniawan
Editor: Ari Kurniawan
Berita Terkait