Jangan Grasah Grusuh, Persiapkan Momen Back To School dalam 7 Hari

Alam Mary | 29 Mei 2024 | 23:59 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Masa-masa menjelang back to school atau kembalinya anak-anak ke sekolah harus dimanfaatkan ibu untuk melakukan sejumlah persiapan. Bila hari-hari sisa liburan hanya dijalani sambil lalu, momen kembali ke sekolah bisa jadi malah berantakan. Tidak hanya menyebabkan rasa panik, persiapan yang tidak matang berisiko menyebabkan kekurangan di sana sini yang tetap harus dibereskan secepatnya. Dijamin lebih merepotkan mengingat aktivitas belajar anak di sekolah sudah dimulai.

Oleh sebab itu, dibutuhkan niat untuk benar-benar mempersiapkan momen kembali ke sekolah. Selain agar anak lebih siap menghadapi tahun ajaran baru yang pastinya semakin menantang, melainkan supaya orang tua bisa bersantai lebih cepat dari urusan sekolah anak. Membantu agar persiapan kembali ke sekolah lebih efektif, berikut metode persiapan kembali ke sekolah dalam 7 hari seperti dilansir dari Spruce.

Hari ke-1: Tutup momen liburan

Tentukan satu hari di masa libur sekolah sebagai momen penutup liburan yang benar-benar penutup. Idealnya sekitar satu minggu sebelum hari pertama sekolah. Anda bisa membuat pesta di rumah, lakukan barbeque, atau kemping di halaman. Perpisahan dengan liburan harus dilakukan dengan totalitas agar anak-anak segera fokus dengan urusan sekolah dan tidak menganggap orang tua masih punya utang rekreasi.

Hari ke-2: Beres-beres dengan tertib

Periksa kelengkapan seragam sekolah anak dan atributnya. Termasuk di sini memeriksa kelayakan sepatu dan kaus kaki. Segera pisahkan yang masih bisa dipakai, cuci yang nampak kotor, perbaiki yang rusak, catat yang harus dibeli baru.  

Hari ke-3: Rapikan area belajar 

Salah satu pendukung kesiapan belajar adalah keberadaan area belajar yang layak dan nyaman. Bersihkan meja, tata kembali perabot dan perlengkapannya, hias bila perlu agar semakin menarik dan memancing semangat anak menggunakannya. 

Hari ke-4: Cuci dan rapikan pakaian

Pastikan keadaan stok pakaian di lemari seluruh anggota keluarga dalam keadaan bersih dan rapi semaksimal mungkin. Jangan sampai ada sisa-sisa pakaian kotor bekas liburan. Situasi rumah yang lebih bersih secara keseluruhan akan menaikkan mood orang tua untuk melanjutkan persiapan kembali ke sekolah lainnya.

Hari ke-5: Belanja keperluan sekolah

Dibantu catatan yang sudah dibuat sebelumnya, belanja keperluan sekolah akan menjadi lebih efektif dan tidak melebihi anggaran. Beli yang benar-benar diperlukan saja. Jangan sampai membeli barang-barang yang sebetulnya sudah ada dan masih layak pakai, seperti tas sekolah, penggaris, papan jalan, dan lain-lain yang memang relatif awet. 

Hari ke-6: Kembali pada rutinitas 

Beberapa hari sebelum aktivitas belajar di sekolah dimulai, kembalikan rutinitas jam tidur yang tepat waktu, bangun pagi hari, mandi dan sarapan. Bermain game online juga termasuk yang kembali dibatasi. Sikap tegas orang tua diperlukan untuk terlaksananya poin ke-6 ini.

Hari ke-7: Pengawasan 

Mungkin anak tidak langsung lancar dengan rutinitas masa sekolah. Maka menjadi tugas orang tua untuk memastikan segala sesuatunya tetap berjalan sesuai koridor. Jangan bosan mengingatkan atau menegur anak demi tegaknya disiplin. Lanjutkan terus mode pengawasan walau anak-anak sudah mulai masuk sekolah lagi. 

Penulis : Alam Mary
Editor: Supriyanto
Berita Terkait