5 Pilihan Herbal Terbaik Bagi Para Penderita Diabetes

Alam Mary | 7 Juni 2024 | 18:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Diabetes termasuk penyakit yang tidak bisa disembuhkan. Sekali seseorang dinyatakan positif menderita diabetes, maka PR utamanya terletak pada seberapa keras usaha yang dilakukan untuk menjaga kadar gula darah dalam tubuh tetap stabil. Karena sepenuhnya menghindari makanan manis cukup sulit dilakukan, memadukan menu harian dengan tambahan herbal penurun gula darah menjadi salah satu alternatif cara yang bisa dilakukan.

Melansir Wion, terdapat beberapa jenis herbal yang bisa dimasukkan ke dalam menu harian penderita diabetes. Pengolahannya mudah dan rasanya pun relatif nikmat di lidah. Dengan cara ini, penderita diabetes tidak akan merasa sedang dijejali obat-obatan yang terkadang menjemukan. Nah, berikut ini 5 herbal yang bisa dipilih atau dikombinasikan ke dalam makanan atau minuman sesuai selera.

1. Paria

Rasanya pahit, namun paria bisa dinikmati dalam banyak hidangan. Paria bisa direbus, dimasak dengan tambahan bumbu, atau dijadikan jus. Sangat pas sebagai camilan penderita diabetes, karena terdapat kandungan zat yang dapat menurunkan kadar gula dalam tubuh.

2. Gudmar

Tanaman herbal asal India dan Srilanka ini memiliki kandungan yang dapat meningkatkan produksi insulin dalam tubuh dan meningkatkan sensitivitas insulin dalam mengontrol gula darah.

3. Gingseng 

Sudah banyak penelitian yang membuktikan bahwa ginseng memiliki kandungan yang dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin dan membantu mengontrol gula darah.

4. Kayumanis 

Banyak studi mengungkap potensi kayumanis sebagai herbal yang dapat membantu menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Penderita diabetes dapat menggunakan kayumanis sebagai bahan pemanis tambahan pada aneka minuman. 

5. Kelabat

Biji kelabat atau fenugreek memiliki kandungan serat larut yang dapat menurunkan kadar gula darah. Pada waktu yang sama, sensitivitas insulin juga semakin meningkat dan membantu para penderita diabetes menyetabilkan gula darah.

Penulis : Alam Mary
Editor: Supriyanto
Berita Terkait