Banyak Aplikasi Pembayaran, Anda Pilih yang Mana?

Yuriantin | 28 Juli 2018 | 05:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Untuk memilih aplikasi pembayaran, ada beberapa poin yang bisa jadi pertimbangan. Yang pertama, frekuensi penggunaan. Berikutnya, pertimbangkan kemudahan mekanisme pengisian saldo atau rekening. Fitur yang memungkinkan untuk melakukan pencairan dana kembali bisa menjadi kelebihan. 

Jangan lupa, perhatikan jumlah merchant, penyedia barang atau jasa yang terhubung dengan aplikasi. Semakin banyak merchant yang terhubung, semakin kecil kemungkinan dana mengendap. Selanjutnya, kelebihan lain seperti fitur pembayaran gabungan juga menjadi faktor pertimbangan.

"Misalnya, kita bisa menghabiskan dana yang tersedia, kemudian jika masih ada kekurangan bisa ditutupi dengan pembayaran tunai," perencana keuangan dari OneShildt, Budi Raharjo CFP mencontohkan. 

Setelah menemukan aplikasi pembayaran yang tepat, usahakan Anda menggunakan tidak lebih dari 3 aplikasi. Alasannya, untuk mempermudah pengawasan.

Karena mungkin saja, Anda menggunakan sebuah aplikasi hanya sekali sehingga sisa dananya mengendap. Apalagi jika aplikasi itu akhirnya terhapus dari gawai. 

Aplikasi pembayaran tidak membuat seseorang boros. Tapi Budi mengingatkan, aplikasi bisa menjadi pemicu pengelolaan keuangan yang buruk.

"Kegagalan mengelola banyaknya aplikasi dan kegagalan mengelola pengeluaran karena promo sehingga timbul pembelian tak terencana yang mendorong seseorang menjadi konsumtif," pungkasnya. 

(yuri / gur)

Penulis : Yuriantin
Editor: Yuriantin
Berita Terkait