Cetak Sejarah, Jimin BTS Jadi Solis K-Pop Pertama Duduki Billboard Hot 100

Siti Adisya Kirana | 5 April 2023 | 09:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Jimin BTS berhasil memecahkan rekor dan membuat sejarah baru di dunia musik Korea. Ia jadi solois K-Pop pertama yang menduduki puncak tangga lagu Billboard 100.

Dilansir dari Soompi, Billboard baru saja memperbarui data Hot 100-nya, yaitu daftar mingguan lagu terpopuler di Amerika Serikat. Lagu BTS Jimin "Like Crazy" berhasil menduduki di No 1. Ini adalah hit solo pertama Jimin dalam karirnya, menjadikannya solois Korea Selatan pertama yang menduduki puncak tangga lagu.  

Dalam minggu pertama peluncuran lagu "Like Crazy" dari 24 hingga 30 Maret, lagu tersebut terjual lebih dari 254.000 unduhan, single CD dan diputar hingga 10 juta stream.

"Like Crazy" juga menerima 64 ribu pemutaran di radio. Jumlah penjualan ini menandai yang tertinggi dalam satu minggu sejak November lalu setelah Taylor Swift merilis "Anti-Hero".

Jimin BTS/ (Soompi)

Menurut Jimin BTS, lagu bergenre synth-pop tersebut terinspirasi dari film berjudul sama yaitu film Like Crazy, yang menunjukkan emosinya mencoba melupakan kenangan menyakitkan.

"Like Crazy" juga memulai debutnya di nomor delapan British Official Singles Chart pada 1 April.

Tangga lagu itu dianggap sebagai salah satu dari dua tangga lagu terbesar di dunia, bersama dengan Billboard dari AS.

Artis K-pop sebelumnya yang meraih posisi teratas adalah Psy dengan "Gangnam Style", yang bertahan di nomor dua selama tujuh minggu berturut-turut di tahun 2012.

Grup BTS juga menjadi satu-satunya grup K-pop yang menduduki puncak tangga lagu Billboard. 

Tangga lagu tersebut dipuncaki oleh enam lagu BTS, dimulai dengan "Dynamite" (2020) dan "My Universe" (2021), sebuah kolaborasi dengan Coldplay. 

Penulis : Siti Adisya Kirana
Editor: Siti Adisya Kirana
Berita Terkait