Jelang Demo 4 November, Massa Sudah Berdatanganan ke Jakarta

TEMPO | 3 November 2016 | 10:15 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Massa dari sejumlah daerah sudah berdatangan ke Jakarta untuk ikut berunjuk rasa pada 4 November 2016. Kelompok massa dari luar Jawa dilaporkan telah datang tiba sejak semalam di Masjid Istiqlal. "Tapi kami belum tahu jumlahnya," ujar protokol Masjid Istiqlal, Abu Hurairah Abdul Salam, saat dikonfirmasi Tempo, Kamis, 3 November 2016.

Meski tidak tahu jumlah persis massa yang datang, Abu memperkirakan angkanya belum mencapai seribu orang. Ia menduga siang ini (Kamis, 3 November 2016) jumlah massa yang datang lebih banyak lagi.

Menurut Abu, massa yang sudah tiba di Istiqlal itu antara lain berasal dari Jawa Timur dan Lampung. Sebenarnya protokol melarang pengunjung untuk menginap di Masjid Istiqlal. Namun pengurus masjid akan memberikan toleransi. "Mereka sudah datang jauh-jauh dari daerah masa kami usir. Mereka kan modalnya semangat tinggi. Jangankan tempat tinggal, makan saja mungkin mereka pas-pasan," kata Abu.

Aksi demonstrasi besok rencananya dilangsungkan di Istana Negara. Unjuk rasa dimulai setelah salat Jumat. Aksi ini disebut-sebut bakal mendatangkan sekitar 50 ribu orang dari seluruh Indonesia.

Rencana unjuuk rasa besar-besaran pada 4 November ini berkaitan deganan dugaan penghinaan Al-quraan yang dilakukan  Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Pengunjuk rasa menuntut kepolisian menangkap dan memproses Ahok secara hukum karena dinilai telah menistakan agama dan melanggar Pasal 156 A KUHP. Sekitar 100 orang telah melaporkan Ahok kepada polisi terkait dengan dugaan tersebut.

 

 

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait