7 Kebiasaan Menyikat Gigi yang Salah

aura.co.id | 12 Januari 2017 | 03:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - MENYIKAT gigi memang dilakukan setiap hari, namun tidak semua orang melakukannya dengan benar. Padahal, menyikat gigi dengan benar dapat menghindari gigi berlubang dan mencegah bau mulut.

Menurut American Dental Association ada 7 kebiasaan menyikat gigi yang salah, seperti dilansir Familyshare.

Menyimpan sikat gigi di tempat lembab

Umumnya, banyak orang menyimpan sikat gigi di kamar mandi, apalagi diletakkan sembarangan. Untuk menjaga kebersihannya, sebaiknya letakkan sikat gigi dengan kondisi tegak dan tidak menyentuh sikat gigi lainnya. Simpan di tempat yang kering untuk mencegah pertumbuhan bakteri, karena kuman lebih suka di tempat yang lembab.   

Kumur dengan air

Terlalu banyak berkumur dengan air juga akan meminimalkan efektivitas pasta gigi Anda. Sebaiknya, hindari makan dan minum setengah jam setelah menggosok gigi. 
    
Menyikat gigi lebih dari 2 kali sehari

Terlalu sering menyikat gigi juga akan mengikis lapisan gigi Anda dan merusak gusi. Selain itu, jika Anda makan sesuatu yang asam, Anda harus menunggu setidaknya 30 menit setelah Anda menyikat gigi sebelum makan atau minum. Asam dapat merusak gigi Anda.
    
Tidak merata

Jika Anda selalu mulai menyikat gigi di sisi kanan atas, bagian tersebut akan mendapatkan perhatian yang besar. Sebaiknya sikat gigi secara merata dan perhatikan bagian yang belum disikat.

Menyikat gigi dengan singkat

Rata-rata orang menyikat gigi mereka hanya 45 detik. Padahal, dokter gigi merekomendasikan Anda menyikat gigi minimal 2 menit. Jika Anda tidak menyikat cukup lama, fluoride dalam pasta gigi mungkin tidak maksimal melindungi gigi.    

Jarang ganti sikat gigi

Sebaiknya ganti sikat gigi setiap 3 hingga 4 bulan sekali. Apalagi jika sikat mulai kaku, Anda harus membuangnya dan menggantinya dengan yang baru. Selain tidak steril, sikat gigi yang tidak layak justru tidak mampu membersihkan gigi dengan baik.    

Teknik menyikat gigi yang salah

Menyikat gigi dengan gerakan bolak balik itu tidak tepat. Pegang sikat pada sudut 45 derajat, dan bersihkan gigi dalam lingkaran kecil secara merata.

 

AURA.CO.ID

 

Penulis : aura.co.id
Editor: aura.co.id
Berita Terkait