Jangan Asal Tuang, Ini Lo Takaran Pasta Gigi yang Tepat Untuk Anak

Rizki Adis Abeba | 1 Februari 2019 | 20:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Selain mengajarkan kebiasaan menyikat gigi pada anak, apakah Anda sudah memastikan takaran pasta gigi yang digunakan anak? Sebab menurut studi yang dilakukan oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit di Amerika Serikat, masih banyak anak yang tidak menggunakan pasta gigi dengan takaran yang pas.

Rasa ingin tahu yang tinggi dan belum sempurnanya kemampuan motorik halus pada anak sering membuat mereka ingin menuang sendiri pasta giginya, namun dalam takaran yang berlebihan. Dari 5.000 anak berusia 3-15 tahun yang diamati dalam penelitian ini, sebanyak 40 persen anak usia 3-6 tahun menggunakan pasta gigi secara berlebihan.

Rata-rata anak menuang pasta gigi dengan memenuhi seluruh atau setidaknya setengah dari permukaan sikat gigi. Padahal, anak-anak di bawah usia tiga tahun hanya direkomendasikan menggunakan pasta gigi khusus anak dengan ukuran sebesar beras. Sedangkan anak usia tiga hingga enam tahun direkomendasikan menggunakan pasta gigi seukuran biji kacang.

“Fluoride menyimpan manfaat yang besar bagi kesehatan gigi, namun penggunaannya harus sangat berhati-hati,” kata Dr. Mary Hayes, dokter gigi khusus anak-anak asal Chicago, Amerika Serikat.

Penggunaan pasta gigi yang terlalu banyak akan memberikan efek samping dalam jangka panjang. Kandungan fluoride yang berlebihan dapat meningkatkan risiko gigi bergaris-garis atau muncul bercak pada gigi anak ketika mereka dewasa kelak.

(riz/bin)

Penulis : Rizki Adis Abeba
Editor: Rizki Adis Abeba
Berita Terkait