Aturan Main Menjadi Mak Comblang, Jangan Kebanyakan Pengin Tahu

Christiya Dika | 18 Mei 2017 | 16:50 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Kita pasti pernah dimintai tolong teman untuk mencarikannya calon jodoh, dengan seorang pria atau wanita. Istilahnya, kita dijadikan "mak comblang". Namun kebanyakan dari kita hanya memberikan nomor ponsel kandidat yang menurut kita oke kepada teman yang meminta. Selanjutnya terserah mereka. 

Ternyata, cara ini kurang tepat. Ada aturan mainnya, lo dalam membantu teman mendapatkan pasangan. 

Violet Lim, CEO Lunch Actually Group yang juga pendiri sebuah offline dating yang diluncurkan di Singapura tahun 2004, mengatakan, hal pertama yang harus dilakukan mak comblang adalah mencari yang cocok dengan yang meminta calon jodoh. “Pertama, choose the right match, mencari yang cocok di sini bukan hanya memastikan apa yang mereka inginkan, tetapi mencari yang mereka butuhkan dari pasangan,” ujar Violet Lim yang bersama perusahaannya sudah mengatur lebih dari 93.000 kencan baik di Singapura, Kuala Lumpur, Hong Kong, Bangkok hingga Jakarta. 

Sedangkan langkah kedua adalah dengan memperkenalkan situasi. “Make the introduction, perkenalkan dengan situasi dan kondisi. Jangan hanya kasih nomor handphone saja. Kalau orang yang kita jodohkan, orang yang luwes dan mudah bergaul, maka meraka tidak perlu ditemani. Kalau orang yang dijodohkan itu kaku, maka mereka butuh orang ketiga untuk mencairkan situasi. Diusahakan juga untuk tidak memberikan informasi yang banyak di awal karena ditakutkan akan membuat ekspetasi yang terlalu tinggi,” tambar Violet Lim. 

Langkah ketiga yang harus dilakukan adalah merencanakan kencan untuk mereka. “Ketiga, set-up the date, kadang-kadang kita yang harus menyiapkan dating untuk mereka," kata Violet Lim. Ini sudah menjadi bagian dari tanggung jawab saat kali pertama mengiyakan menjadi mak comblang. 

Sedangkan untuk langkah terakhir adalah dengan menindaklanjuti, tapi tanpa ikut campur terlalu jauh. “Follow-up without meddling. Membantu boleh, tapi jangan selalu ingin tahu segalanya," tutup Violet Lim. 

 

(dika/wida)

Penulis : Christiya Dika
Editor: Christiya Dika
Berita Terkait