Kaesang Pangarep Berikan Pelangkah untuk 2 Kakak Erina Gudono yang Belum Menikah

| 9 Desember 2022 | 15:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Ernia Gudono memiliki dua orang kakak yang belum menikah. Jelang pernikahannya dengan Kaesang Pangarep Sabtu (10/12) besok, ia pun menyerahkan seseuatu yang disebut dengan "pelangkah", kepada sang kakak. 

Pelangkah menjadi simbol permohonan izin karena “melangkahi” kakak Erina Gudono. Adapun kakak nomor satu Erina Gudono adalah Allen Gudono, sementara kakak nomor dua adalah Nadya Gudono. Ditemui wartawan beberapa waktu lalu, Kaesang Pangarep mengatakan dirinya sudah memberikan pelangkah untuk Allen Gudono dan Nadya Gudono.

“Ada (pelangkah),” kata Kaesang Pangarep, di Pendopo Royal Ambarrukmo Hotel, Selasa (06/12).

“Nggak usah sebutin jet pribadi, mobil mewah, rumah 2000 hektar. Enggak. Itu cuma nyebutin saja orang di luar sana, bukan saya (yang menyebutkan),” seloroh bungsu presiden Jokowi itu. 

“Langkahan” berasal dari kata dasar Bahasa Jawa “langkah” yang artinya “melewati” atau “melompati”. Upacara Langkahan Pernikahan Adat Jawa diadakan memohon izin kepada kakak yang belum menikah, supaya adiknya bisa menikah lebih dulu, alias melangkahi sang kakak.

Sebelum melakukan prosesi atau upacara siraman, calon pengantin harus melakukan Upacara Langkahan dulu memohon izin kepada kakak yang belum menikah. Biasanya, selain meminta izin, calon pengantin juga harus membawa pelengkap berupa “pelangkah”.

Pelangkah yang dimaksud adalah hadiah yang diserahkan oleh calon pengantin kepada kakak yang belum menikah, sebagai syarat mendahului menikah. Hadiah ini merupakan simbol agar sang kakak dapat dengan ikhlas memberikan izin kepada adiknya yang ingin menikah duluan.

Penulis :
Editor :