Ini Alasan Ivan Gunawan Bangun Masjid di Uganda

Ari Kurniawan | 2 Februari 2023 | 07:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Ivan Gunawan membangun sebuah masjid di Uganda. Ivan memilih negara di Afrika tersebut karena melihat masyarakat muslim di sana yang kesulitan untuk beribadah. 

"Aku orangnya spontan ya. Melihat postingan teman namanya Hamzah, dia lagi di Afrika, di sana susah air bersih dan nggak ada tempat ibadah, salatnya di bawah ranting pepohonan," kata Ivan Gunawan, di Studio TransTV, Jakarta Selatan, Rabu (1/2).

Niat baik Ivan Gunawan mendapat dukungan dari pihak-pihak terkait. Setelah izin dikeluarkan pemerintah setempat, pembangunan masjid langsung dimulai.

Ivan Gunawan bangun masjid di Uganda. (Ari/tabloidbintang.com)

"Nggak ribet izinnya dan nggak susah akunya. Kebetulan juga mereka (teman) di sana, mereka amanah, jadi yaudah memutuskan bangun masjid," lanjutnya. 

Ivan Gunawan bersyukur pembangunan masjid yang diberi nama "Masjid Indonesia" itu berjalan lancar. Tak sampai setahun, masjid sudah selesai dan bisa dipakai.


"Alhamdulillah dari awal sampai akhir nggak ada kendala apapun. Kita selalu di-update dengan video call dan Whatsapp," ujar Ivan Gunawan.

Ivan Gunawan berharap masjid yang ia bangun bisa dimanfaatkan oleh warga setempat dan juga warga negara Indonesia yang ada di sana. 

"Masyarakat Indonesia ada yang ke Uganda, silahkan datang ke masjid itu. Jadi aku bukan hanya sekadar bangun masjid, aku memperkerjakan beberapa orang mengurusi masjid itu. Walau jauh, setidaknya memberikan lapangan pekerjaan buat orang di sana untuk memakmurkan masjid itu," jelasnya.

Penulis : Ari Kurniawan
Editor : Ari Kurniawan