Sonia Wibisono Ungkap Risiko Penularan Penyakit di Sekolah

Ari Kurniawan | 20 Desember 2018 | 11:15 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Dokter Sonia Wibisono menaruh perhatian besar untuk kesehatan anak-anak. Di sela aktivitasnya sebagai presenter sekaligus dokter, ia cukup sering menyempatkan waktu untuk melakukan penyuluhan kepada anak-anak, khususnya di lingkungan sekolah. 

Diungkapkan dokter Wonia Wibisono, sekolah merupakan lingkungan di mana anak bisa berinteraksi dengan banyak orang. Terutama teman-teman sebayanya. Di situ, besar kemungkinan terjadinya penularan penyakit.

"Kalau dilihat sekolah anak-anak ini kan banyak ruangan indoor, pakai AC. Saat anak anak itu ada yang batuk, pilek, diare, gampang banget menularnya," terang Sonia Wibisono, di sela acara Lavme Goes to School di LEAP School House di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, baru-baru ini.

Melihat risiko yang demikian besar, hal pertama yang harus diperhatikan adalah kebersihan. Tubuh yang bersih, menurut Sonia Wibisono, bisa mencegah penularan penyakit antar indivisu. Cara paling sederhana adalah rajin mencuci tangan.

"Sebagai pemerhati kesehatan anak, saya juga meyarankan ada anti bacterial spray yang dipakai untuk di dalam ruangan atau mainann anak seperti spray," Sonia Wibisono menjelaskan.

Lebih lanjut Sonia Wibisono mengatakan dengan tubuh yang bersih dan sehat, anak-anak bisa lebih fokus dalam menyerap pelajaran di sekolah. Denga demikian, prestasi pun bisa lebih mudah dicapai. 

(ari/ari)

Penulis : Ari Kurniawan
Editor: Ari Kurniawan
Berita Terkait