Jika Anda Mengalami Alergi Makanan, Ini Dampak Terburuk yang Bisa Terjadi

Rizki Adis Abeba | 15 Januari 2019 | 23:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Banyak orang menduga-duga dirinya mengidap alergi makanan setelah merasa tidak nyaman saat mengonsumsi makanan tertentu. Namun waspadalah dengan kata alergi. Berbeda dengan intoleransi atau sensitif terhadap makanan yang umumnya hanya menyebabkan gangguan pada daerah pencernaan, alergi makanan bisa berdampak lebih fatal.

Julie Upton, RD, salah satu pendiri situs kesehatan Appetite Health, memperingatkan, “Harus bisa dibedakan, intoleransi makanan hanya menyebabkan rasa tidak nyaman terutama di bagian perut. Sedangkan alergi dalam kondisi serius bisa mengancam jiwa seseorang.”

Dalam kondisi parah, respons alergi bisa berujung pada reaksi yang mengancam jiwa seseorang atau yang disebut dengan anafilaksis. Jika sudah begini, seseorang memerlukan perawatan medis yang serius.

Karena itu, jangan sembarangan mengklaim Anda atau anak mengidap alergi makanan tertentu. Sebab untuk mengetahui apakah seseorang mengidap alergi makanan dan jenis makanan apa saja yang akan memicu alergi, harus dilakukan tes darah oleh dokter.

(riz/bin)

Penulis : Rizki Adis Abeba
Editor: Rizki Adis Abeba
Berita Terkait