Agar Anak Tidak Bosan Makan Ikan, Siasati dengan Cara Ini dan Pakai Bumbu Cinta

Wayan Diananto | 11 Maret 2019 | 23:40 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Ikan sangat tinggi asam lemak dan kalsium yang penting untuk pertumbuhan tulang serta gigi buah hati Anda.

Agar si kecil tidak bosan, Anda bisa memvariasikan ikan dengan sayur kecipir, jagung manis, juga kacang-kacangan termasuk kapri dan edamame. Jangan takut anak alergi. 

“Sebagai ibu, Anda harus punya siasat. Ajak si kecil mengonsumsi (ikan laut) sedikit dulu, lalu lihat reaksinya. Saat ia alergi, hentikan. Anda bisa memberikan makanan itu lagi 4 atau 6 bulan kemudian. Jangan memaksakan kehendak karena si kecil bisa terkena syok anafilaksis, yakni reaksi alergi berat yang terjadi tiba-tiba dan dapat menyebabkan kematian,” beri tahu spesialis anak dari Departemen Ilmu Kesehatan Anak Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia-Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo Jakarta, dr. Bernie Endyarni Medise, Sp.A(K).

Ia menambahkan, alergi terdeteksi ketika ibu rajin mengajak si kecil mengeksplorasi aneka makanan. Menguatkan pendapat Bernie, Ahmad mengajak para ibu melibatkan anak dalam proses mengolah makanan. Bawa anak ke dapur. Biarkan ia duduk dan mengamati Anda memasak.

“Para ibu memasak dengan bumbu cinta. Saat si kecil mencermati Anda berkreasi di dapur, itu menguatkan ikatan emosi ibu dan anak. Makan tak ubahnya aktivitas bertualang. Karenanya, ajak si kecil mencicipi beragam cita rasa,” ujarnya.

(wyn / gur)

Penulis : Wayan Diananto
Editor: Wayan Diananto
Berita Terkait