Sharena Gunawan Alami Mastitis yang Sakitnya Melebihi Melahirkan, Ini Ceritanya

Wida Kriswanti | 14 November 2018 | 19:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Beda anak, beda cerita, hal ini pula yang dialami Sharena Gunawan setelah melahirkan anak keduanya kurang dari dua bulan lalu. Menyusui Sea Dedari yang berjenis kelamin perempuan, memberinya pengalaman sakit yang disebut - sebut melebihi rasa sakit melahirkan. Rasa sakit yang tidak dialaminya saat dulu menyusui anak pertamanya, Ryshaka Dharma.  

Apa yang dialami Sharena Gunawan adalah mastitis, yakni infeksi yang menyerang payudara ibu yang sedang menyusui atau ketika hendak menyapih. Infeksi ini menyebabkan pembengkakan hingga peradangan di payudara yang tingkat rasa sakitnya berbeda - beda. Penyebab mastitis sendiri berbeda - beda, namun rata - rata karena penumpukan ASI dalam payudara, seperti yang dialami Sharena Gunawan. 

"Mungkin yang sering liat IG stories-ku mompa ASI berbotol2 bisa berfikir perjalanan meng-ASI-hi-ku mudah dan lancar jaya. Believe me, it hasn’t been easy. Why? Dengan punya anak cewek yang nyusunya imut2 diiringi dengan produksi ASI-ku yang berlebih, PD-ku gampang banget bengkak parah. Sudah mastitis 1x dan “nyaris mastitis” seringkali. Yang pernah ngalamin pasti tau sakitnya mastitis itu ngalah2in lahiran?? it’s so painful and unbearable," buka Sharena Gunawan dalam unggahannya, Rabu (14/11) dini hari.

"Pas Sea umur 2 minggu, hanya dalam hitungan jam pas malem bobo PD-ku bengkak parah dan langsung demam meriang. Dipompa aja aku mewek, dan disusuin aku beneran nangis kejer sampe badan gemeteran mau pingsan. Demam pun super tinggi terkadang mau ngomong aja udah susah kaya gak punya tenaga tapi aku ngotot untuk selalu menyusui (apalagi ini jamannya Sea beneran belum mau nyusu ASIp di botol). Sea nyusunya selalu diujung, dibenerin berkali2 tetep aja gak mau full masuk aerola jadi susah sembuhnya dan jadi gampang relapse mastitisnya (dulu Ry sempet nyaris mastitis tp disedot Ry besokannya langsung sembuh)," lanjutnya.  

Hingga saat ini, Sharena Gunawan mengaku mastitis yang menimpa salah satu payudaranya belum pulih. Sharena Gunawan hanya menggunakan salah satu payudaranya yang masih sehat untuk menyusui Sea dan menyetok ASIP. 

"Serba salah sih, makin banyak mompa...produksi ASI juga semakin banyak? Pengen stop mompa...PD gampang bengkaknya dan Sea pas nyusu jadi kesembur gelagapan nyari “takeran” yang pas itu sulit jadi feeling2an banget. tapi semua kebayar sih setiap disenyumin anak manis ini, ngeliat dia embul sehat gemesin jadinya tetep semangat juga mau kasih yang terbaik buat Sea. Sekarang cuma berharap PD yang lagi “under maintanance” ini bisa segera beroperasi kembali secara normal, doakan yah teman2 #bukancurhat #cumasharing," Sharena Gunawan mengakhiri ceritanya. 

Unggahan Sharena Gunawan langsung dibanjiri komentar sesama ibu yang kurang lebih pernah atau sedang mengalami hal serupa. Dan apa yang dikatakan Sharena Gunawan bahwa sakitnya mastitis melebihi sakit melahirkan pun dibenarkan beberapa netizen. Duh, tetap semangat Bu! 

(wida / wida)

Penulis : Wida Kriswanti
Editor: Wida Kriswanti
Berita Terkait