Ini Efeknya Jika Anak Diberikan Gadget Sejak Usia Dini

Rizki Adis Abeba | 17 Januari 2019 | 20:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Kapan waktu yang tepat memberikan anak gawai (gadget) pribadi masih menjadi kegalauan yang dialami para orang tua. Di satu sisi banyak orang tua sudah memahami banyak efek negatif yang bisa diperoleh anak dari gawai, namun di sisi lain banyak pula manfaat yang didapat anak dari gawai.

Namun sebagai gambaran, sebuah penelitian terbaru yang dilakukan di oleh Institut Penelitian Ekonomi dan Sosial (ESRI) di Irlandia menyebutkan bahwa anak yang mempunyai ponsel di usia sembilan tahun akan menunjukkan penurunan performa akademis di usia 13 tahun.

Dari penelitian yang dilakukan terhadap 8.500 anak di Irlandia, ditemukan fakta bahwa anak-anak yang telah memiliki ponsel pribadi di usia sembilan tahun rata-rata mengalami penurunan nilai sebesar 4 persen dalam tes standar membaca dan matematika pada usia 13 tahun. Dalam studi tersebut juga disebutkan bahwa empat dari sepuluh anak sudah memiliki ponsel pribadi pada usia sembilan tahun.

Fakta lain menunjukkan bahwa anak-anak dari orang tua yang berpendidikan dan berpenghasilan lebih rendah umumnya justru sudah mempunyai gawai lebih dini ketimbang anak-anak yang pendidikan dan penghasilan orang tuanya lebih tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa kesadaran orang tua kelas ekonomi atas atas efek negatif gawai untuk anak sudah lebih tinggi.

Selina McCoy, Associate Research Professor di ESRI, berharap penemuan ini dapat membantu sekolah dalam membuat kebijakan apakah memperbolehkan siswa membawa ponsel pribadi, terutama untuk sekolah dasar. “Penting untuk memonitor hal ini ke depan demi memberikan bukti pada perdebatan mengenai efek potensial dari penggunaan layar gawai dan ponsel pada anak-anak,” tegas Selina McCoy.

(riz/bin)

Penulis : Rizki Adis Abeba
Editor: Rizki Adis Abeba
Berita Terkait