Lakukan 10 Cara Ini untuk Kendalikan Tekanan Hidup

aura.co.id | 6 Agustus 2020 | 06:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Stres salah satu tanda perlu adanya perbaikan dalam hidup Anda. Kebanyakan orang mencari pelarian untuk menghindari stres. Tidak jarang banyak yang melarikan diri dengan menggunakan narkoba, minum alkohol, atau hal negatif lainnya karena dianggap bisa membuat tubuh menjadi lebih tenang. 

Padahal sebenarnya ada banyak cara yang lebih positif yang bisa dilakukan untuk mengurangi stres yang dialami seseorang. Baik itu karena tekanan pekerjaan, masalah dalam hubungan ataupun masalah keluarga.

Misalkan saja melakukan ritual pagi, membuat perencanaan di pagi hari untuk kegiatan dalam sehari. Ini dilakukan oleh beberapa orang besar seperti  Tony Robbins, Steve Jobs, Arianna Huffington, Oprah, dan Lady Gaga. Jika mungkin, sisipkan waktu untuk meditasi atau yoga untuk menyeimbangkan hari Anda.

Berikut 10 strategi lainnya yang bisa dilakukan untuk menekan stres di setiap harinya. 

1. Perhatikan pola dan pemicu stres. Bisa saja stres yang dialami adalah efek dari trauma masa lalu. Kompromikan hal itu dengan diri sendiri. Karena pengakuan dan penerimaan biasanya akan membuat pikiran menjadi lebih tenang. Dengan menerima trauma, itu artinya Anda mau berdamai dengan keadaan masa lalu.

2. Rencana penyelamatan. Stres bisa menimbulkan gangguan tidur, Anda bisa saja terbangun tengah malam dengan rasa takut dan kecemasan. Biasanya Anda hanya diam dan menunggu rasa takut itu hilang dengan sendirinya, sampai Anda sadar berjam-jam sudah Anda lewati tanpa melakukan apa-apa. Jika Anda terbangun malam hari, coba rencanakan sesuatu agar waktu Anda tak terbuang. Buatlah teh hangat, baca buku sambil dan makan cemilan, untuk mengisi waktu tersebut. Dengan sejumlah kesibukan akan membuat tubuh lelah dan akhirnya membuat anda tidur kembali.

3. Tegas dengan batas waktu. Salah satu pemicu stres adalah tugas menumpuk yang tak kunjung selesai dikerjakan. Anda harus biasakan disiplin demi diri sendiri. Mulailah buat deadline untuk semua pekerjaan. Jangan tunda satu pekerjaan agar semua selesai tepat waktu. Semakin cepat Anda selesaikan satu pekerjaan, semakin banyak waktu yang nantinya Anda punya untuk relaksasi mengurangi lelah selepas bekerja. 

4. Abaikan pikiran negatif. Tanpa disadari seseorang suka berkata-kata atau berbicara tentang kemungkinan buruk dengan diri sendiri. Hal itu salah satu yang membuat Anda merasa ketakutan akan hasil negatif dari sebuah pekerjaan. Sekarang waktunya Anda mengabaikan hal-hal seperti itu dan mulai berpikiran positif untuk semua hal yang sedang dikerjakan. 

5. Pilih motivasi positif. Anda harus mulai berpikiran positif. Suasana pagi hari akan sangat mempengaruhi keseluruhan hari Anda. Ketika bangun tidur cobalah berkata “aku bahagia, aku bersyukur untuk berkah hidup hari ini” kepada diri sendiri. Itu akan membuat hari Anda lebih baik. Atau, ketika Anda bangun dalam keadaan hati kurang baik, pikirkan lah satu hal manis yang akan Anda capai jika Anda bertahan dan berhasil melewati kondisi ini. Misalnya, ingatlah liburan yang Anda rencanakan di akhir tahun. Anda pasti bisa melewati segala kesulitan demi liburan yang sudah lama diidam-idamkan. 

6. Jangan gunakan kata “bagaimana jika”. Lakukan pekerjaan semaksimal mungkin tanpa ada rasa takut atau cemas dengan hasilnya. Kata-kata seperti “bagaimana jika pekerjaanku tidak bagus?” atau “bagaimana jika aku mengecewakan?” hanya akan menambah berat beban pekerjaan dan membuat Anda semakin stres. 

7. Jangan sungkan meminta bantuan. Tidak ada orang yang akan sanggup hidup sendiri. Setidaknya cari orang yang bisa Anda jadikan tempat berbagi. Saran positif juga akan memperbaiki mood anda dan meringankan rasa stres.

8. Pijat. Kadang banyak yang meremehkan efek dari pijatan pada tubuh. Padahal dengan mendatangi ahlinya, pijat bisa merilekskan otot-otot yang tegang karena menghadapi tekanan pekerjaan atau tekanan lainnya. Ini sangat efektif untuk mengurangi stres dan membuat tubuh menjadi lebih fit. 

9. Cari kegiatan yang bisa memicu tubuh memproduksi endorfin. Olahraga merupakan salah satu kegiatan yang dapat membuat tubuh secara alami melepaskan endorfin, yang dapat menenangkan tubuh. Endorfin juga dapat memicu perasaan positif. Akan membuat Anda lebih kuat secara emosional. 

10. Lakukan sesuai dengan perencanaan. Jangan mau semua mudah. Jangan malas untuk memulai pekerjaan rutin mulai dari awal. Misalnya, siapkan pakaian dan barang-barang yang Anda perlukan untuk bekerja sebelum tidur, Agar Anda lebih tenang siap-siap ke kantor keesokan paginya. 

Penulis : aura.co.id
Editor: aura.co.id
Berita Terkait