8 Langkah Kelola Stres Saat di Rumah Selama Wabah Corona Covid-19

Adi Adrian | 17 April 2020 | 20:45 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Merespons meluasnya wabah Corona Covid-19, pemerintah Indonesia menerapkan kebijakan social distancing, physical distancing, dan gerakan di rumah saja.

Masalahnya, berminggu-minggu di rumah saja selama wabah Corona Covid-19 memicu kebosanan hingga stres. Stres bisa menurunkan kekebalan tubuh. Artinya, memudahkan virus seperti Corona Covid-19 menyelinap ke tubuh. Chief Health and Nutrition Officer Herbalife Nutrition, Gary Small, mengingatkan kesehatan mental harus menjadi prioritas selama wabah.

Ada 8 langkah sederhana untuk mengelola stres selama di rumah saja. Pertama, identifikasi gejala. Nyeri gigi, berat badan naik, sakit kepala, perubahan suasana hati, sakit punggung dan leher, serta kurang tidur adalah sinyal bahwa Anda stres.

Mengidentifikasi gejala membantu Anda mengetahui kapan menerapkan strategi menurunkan stres. Kedua, cari pemicunya. Ketiga, jadwal ulang kegiatan sehari-hari serta beristirahat cukup dari pekerjaan. Terlalu sering membaca berita dan bermedsos, memicu ketegangan mental serta kecemasan.

Keempat, lakukan kegiatan kreatif seperti hobi atau menjajal kegiatan baru di rumah. Kelima, lakukan pernapasan alami melibatkan diafragma.

“Saat bernapas lewat diafragma, lingkar perut akan memanjang saat kita menarik napas dan mendatar saat mengembuskan napas. Berlatih pernapasan relaksasi selama 20 atau 30 menit per hari mengurangi tingkat kecemasan,” ujarnya dalam siaran pers yang kami terima pekan ini.

Keenam, rajin berolah raga di rumah. Ketujuh, tetap terhubung dengan keluarga dan teman terdekat Anda.

Terakhir, konsisten dengan kegiatan yang Anda lakukan. Jika bekerja dari rumah, buatlah rutinitas seolah Anda akan bekerja. Bangunlah seperti biasa, tidak perlu mengenakan pakaian kerja. Buat meja kerja yang terhindar dari gangguan agar tetap fokus.

“Stres menurunkan produktivitas dan mengancam kesehatan fisik maupun mental. Karenanya, penting untuk mengetahui penanggulangan stres dan mengembangkan teknik yang baik agar tubuh Anda lebih kuat selama wabah Corona Covid-19 berlangsung,” Gary Small mengingatkan.

 

Penulis : Adi Adrian
Editor: Adi Adrian
Berita Terkait