Hak Waris Korban Lion Air, Jasa Raharja Hanya Mengakui Istri Sah

TEMPO | 9 November 2018 | 21:50 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Santunan kepada korban pesawat Lion Air Jt 610, diberikan kepala ahli waris yang sah, kata Sekretariat Perusahaan PT Jasa Raharja, Sugeng Prastowo. "Maksudnya, yang memiliki dokumen legal terkait, surat nikah, kartu keluarga, dan lainnya," ujarnya pada Tempo, Jumat, 9 November 2018.

Untuk kasus beberapa istri yang berebut hak waris suaminya yang menjadi korban, Jasa Raharja hanya memberikan kepada istri sah di mata hukum negara. Jika semuanya dapat menunjukkan surat sah sebagai istri, Sugeng menuturkan, santunan tetap akan diberikan ke satu orang dengan surat persetujuan dari istri yang lain.

Sugeng menjelaskan santunan diberikan secara langsung oleh petugas Jasa Raharja. Dia tidak mengetahui bagaimana lembaga lain yang terkait memberikan santunan, namun Jasa Raharja mendatangi keluarga korban yang sudah terdata.

Jasa Raharja sudah mengantongi seluruh data ahli waris dari 189 manifes yang ada, kecuali satu orang warga Italia yang belum ditemukan ahli warisnya. "Yang lainnya sudah kami kantongi," ucap Sugeng.

Santunan diserahkan kepada orangtua korban berdasarkan UU No 33 dan PMK No. 15 tahun 2017, bagi korban meninggal dunia, Jasa Raharja akan menyerahkan hak santunan sebesar Rp 50.000.000.

Manajemen Lion Air Group sebelumnya menawarkan dua opsi penyelesaian uang asuransi kepada ahli waris korban jatuhnya pesawat JT 610 yang memiliki istri lebih dari satu. Salah satu korban Lion Air memiliki lima istri. Tiga di antaranya berebut surat keterangan kematian yang menjadi salah satu syarat pencairan uang asuransi dari Lion Air.

Bila penyelesaian dengan jalan kekeluargaan menemui jalan buntu, maka manajemen Lion Group menempuh opsi kedua, yaitu diselesaikan secara hukum. "Kami mempersiapkan tim pendamping secara hukum seperti notaris dan lawyers. Ini jika tidak menemukan titik temu, kami siapkan bantuan hukum," kata Rama.

Terjadi kericuhan di RS Polri Kramat Jati, Jakarta Timur, pada Selasa, 6 November 2018. Korban pesawat Lion Air JT 610 yang teridentifikasi, ternyata memiliki 5 orang istri. Sebanyak tiga orang istri hadir saat mengambil surat keterangan kematian.

Ketiga istri saling berebut surat keterangan kematian sehingga menyebabkan aksi saling dorong. Kejadian ini mengundang keributan dan menarik perhatian pengunjung rumah sakit.

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait