Yusril Ihza Mahendra Beri Isyarat PBB Akan Dukung Jokowi

TEMPO | 30 November 2018 | 23:10 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Yusril Ihza Mahendra, Ketua Umum Partai Bulan Bintang menyambangi Istana Bogor untuk bertemu dengan Presiden Jokowi, Jumat, 30 November 2018 siang. Yusril mengatakan PBB kemungkinan secara resmi akan menyatakan dukungan untuk pasangan calon presiden nomor urut 01, Jokowi dan Ma'ruf Amin, di pemilihan presiden 2019.

"Insya Allah, kan sudah sama-sama," kata Yusril Ihza Mahendra usai salat Jumat bersama Jokowi di Masjid Baitussalam, Kompleks Istana Bogor, Jawa Barat, Jumat, 30 November 2018. Namun, kata Yusril, semua itu tergantung hasil Rapat Kerja Nasional PBB yang akan berlangsung Januari 2019. "Ya itu Januari nanti akan ke sana arahnya," ucapnya.

Secara personal Yusril Ihza Mahendra lebih dulu merapat ke kubu Jokowi dengan menjadi pengacara pasangan nomor urut 01 di pemilihan presiden 2019. Adapun dari sisi organisasi PBB belum menyatakan sikapnya. Yusril menuturkan beberapa waktu lalu DPP PBB menggelar pertemuan dengan 24 pengurus wilayah. Ia mengklaim pengurus di daerah memaklumi keputusannya jadi pengacara Jokowi - Ma'ruf.

Yusril Ihza Mahendra mengatakan, pertemuan dengan Jokowi hari ini bukanlah penjajakan pertama sebelum partainya memutuskan sikap. Ia bercerita pembahasan untuk mendukung Jokowi sudah berlangsung sejak lama di internal PBB. Yusril lalu mencontohkan beberapa waktu lalu komite pemenangan pemilu PBB dari seluruh provinsi bertemu dan tidak ada yang menolak langkahnya menjadi kuasa hukum Jokowi - Ma'ruf. Meski begitu, katanya, sikap resmi partainya tetap diputuskan di rakernas Januari mendatang.

"Untuk internal PBB tentu ada dinamika, ada pro dan kontra, biasalah. Karena itu kami mengatakan nanti akan ada rakernas bulan Januari," ujarnya.

Dalam rakernas tersebut, Yusril Ihza Mahendra berharap kader-kader PBB yang selama ini menolak sikapnya menjadi pengacara Jokowi-Ma'ruf berubah sikap. "Mungkin yang marah-marah sudah agak tenang, yang ngomel-ngomel mulai mengerti begitu," kata Yusril Ihza Mahendra.

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait