Jadi Moderator, Ira Koesno Berharap Debat Capres Berlangsung Panas

TEMPO | 10 Januari 2019 | 22:50 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Ira Koesno yang menjadi moderator debat pertama Pilpres 2019 berharap debat capres yang akan digelar pada 17 Januari berlangsung panas. "Kalau kami inginnya debat, ya panas," ujar Ira Koesno di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis, 10 Januari 2019.

Tapi, kata Ira Koesno, acara debat itu tetap harus berlangsung dalam kondisi nyaman. Panasnya debat ini harus tetap terkontrol. "Harus terkontrol, jangan meledak," katanya.

Tugas Ira Koesno sebagai moderator debat capres adalah memastikan debat berlangsung kondusif. Salah satunya, moderator bisa saja meminta salah seorang pihak yang terlalu berisik untuk keluar dari ruangan debat. "Moderator punya otoritas. Kalau nanti itu berisik atau ribut sekali, ada peringatan pertama, kedua, dan ketiga," kata Ira Koesno.

Moderator juga akan memastikan setiap paslon dapat memanfaatkan ruang gerak. Agar setiap pasangan calon dapat menjelaskan secara gamblang dan klir terkait visi misi serta jawaban dalam debat nanti.  “Agar show-nya tetap baik, paslon tetap bisa menjelaskan dengan klir, dan agar debat bisa jadi referensi publik untuk menentukan pilihan," tuturnya.

Debat pertama pilpres 2019 bertema seputar isu hukum, korupsi, HAM, dan terorisme. Pola debat capres pertama ini, yakni, antara kedua pasangan capres-cawapres. Sepekan sebelum debat, setiap pasangan akan diberikan kisi-kisi pertanyaan.

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait