Personel Barasuara Ikut Menanam Pohon di Gunung Ijen Pasca-Kebakaran Hebat

Ari Kurniawan | 17 Desember 2019 | 07:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Grup musik Barasuara turut memeriahkan kegiatan Siap Sadar Lingkungan (#SiapDarling), di kawasan konservasi Taman Wisata Alam (TWA) Kawah Ijen, Banyuwangi, Jawa Timur, Senin (16/12).

Kali ini, bukan sekadar bermain musik, para personel band yang berdiri sejak 2012 itu juga terjun langsung dalam kegiatan penanaman bibit pohon di area tandus, yang Oktober 2019 lalu mengalami kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Sejatinya ini bukan pengalaman pertama Barasuara diajak Bakti LingkunganDjarum Foundation dalam aktivitas penghijauan. 2016 lalu, Iga Massardi dan kawan-kawan ikut menanam pohon di area Candi Prambanan, Yogyakarta. Tapi, menurut Iga, kegiatan kali ini terasa sedikit berbeda.

"Kali ini konservasi di tempat yang belum pernah Barasuara sambangi, kecuali bermusik. Sekarang kami nggak cuma menenam, tapi gantiin pohon yang terbakar," bilang Iga, kepada wartawan di sela acara.

Iga Massardi antusias mengikuti aktivitas Siap Darling, sebagai usaha untuk menghijaukan TWA Kawah Ijen. "Sedih ya melihat kawasan yang tadinya hijau jadi kelihatan hitam karena kebakaran," ungkapnya. 

Keprihatinan juga disuarakan vokalis Barasuara lainnya, Puti Chitara, yang pernah mengunjungi Kawah Ijen sekitar enam tahun silam. 

"Melihat ini agak mengejutkan daripada enam tahun lalu. Berharap dengan kegiatan ini bisa memulai dan membantu memulihkan alam," bilang Puti. 

Kebakaran lahan di KWA Kawah Ijen Oktober 2019 lalu menghanguskan 940 hektar (ha) lahan. Kondisi itu mengakibatkan ditetapkannya status darurat kebakaran hutan dan lahan, serta ditutupnya TWA Ijen pada 20 Oktober hingga 6 November 2019.

Acara yang digagas Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jawa Timur bersama Bakti Lingkungan Djarum Foundation itu juga melibatkan 250 mahasiswa yang tergabung dalam Darling Squad. Mereka ikut menanam 500 pohon bibit Cemara Gunung di area TWA Kawah Ijen seluas 1,1 ha.

(ari)

Penulis : Ari Kurniawan
Editor: Ari Kurniawan
Berita Terkait