Dorce Gamalama Jawab Saran pada Ustadz Soal Dimakamkan Sesuai Kodrat

Ari Kurniawan | 31 Januari 2022 | 12:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Dorce Gamalama sempat mengungkapkan keinginannya untuk dimakamkan sebagai wanita jika nanti sudah tidak ada umur. Wasiat tersebut diungkapkan Dorce saat jadi tamu podcast Denny Sumargo, beberapa waktu lalu. 

Namun, keinginan Dorce Gamalama tersebut dianggap tidak tepat oleh para ulama. Salah satunya Gus Miftah. Ia mengatakan mengatakan sebaiknya saat meninggal nanti, sang presenter dimakamkan dalam keadaan laki-laki, sesuai kodrat saat dirinya lahir ke dunia.

Dorce Gamalama pun kembali bereaksi atas komentar para ustadz. Dalam sebuah video yang diunggah di akun media sosialnya, Dorce menyebut soal pemakamannya nanti biarlah jadi urusan keluarga. 

"Kepada kyai dan ustadz-ustadz yang telah menerangkan keadaan mati saya. Siapa yang akan memandikan saya, siapa yang akan menguburkan saya, biarkanlah keluarga saya yang nanti akan mengurusnya," ucap Dorce Gamalama. 

"Mau kain kafannya tujuh lapis, mau delapan lapis, saya serahkan kepada yang ngurus. Yang mengurus laki-laki boleh, perempuan boleh, jadi siapa saja boleh yag memandikan saya," lanjutnya. 

Lebih lanjut, Dorce Gamalama meminta kepada para ulama untuk tidak mengeluarkan komentar kurang baik. 

"Jadi kyai-kyai yang terkenal sekalipun jangan berikan komentar yang kurang baik. Harusnya anda seoang kyai berikan imbauan kepada siapa pun, karena saya juga manusia mempunyai tanggung jawab untuk hidup dan mati saya," pungkas Dorce Gamalama. 

Penulis : Ari Kurniawan
Editor: Ari Kurniawan
Berita Terkait