Langkah Penting dalam Merintis Bisnis dengan Platform Digital (2 - selesai)

Rizki Adis Abeba | 17 Agustus 2018 | 12:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Berbisnis dengan ruang dan waktu yang fleksibel, keseimbangan antara kehidupan rumah tangga dan karier pun terjaga. Bagaimana agar bisnis dengan platform digital yang baru Anda rintis mampu bersaing? Mulailah dengan langkah-langkah berikut.

Libatkan emosi

Banyak wanita tidak menyadari, emosi menentukan keputusan dalam membeli sesuatu. Ini sebabnya dalam berpromosi, sentuhlah emosi calon konsumen. Menulis spesifikasi produk saja di kolom keterangan medsos tidak cukup.

Berikan penjelasan panjang yang emosional, misalnya mengenai keunggulan produk dan alasan orang membutuhkan produk ini dengan kalimat kreatif, menjual, namun masuk akal dan tidak memaksakan. Ceritakan kisah pribadi Anda dalam menggunakan produk. Manfaatkan juga fitur grup di medsos.

“Grup Facebook atau WhatsApp adalah cara bagus lainnya untuk menghubungkan emosi dengan target pasar Anda. Grup Facebook dapat membantu Anda menciptakan kesadaran pasar akan produk Anda dan menyampaikan pesan yang secara tidak langsung merupakan promosi produk Anda,” jelas Krishnan.

Rumus 90/10

Karena lini masa medsos ibarat katalog yang menampilkan produk dagangan, Anda tidak boleh sembarang mengunggah foto.

Upayakan menampilkan foto yang menjual namun jangan terkesan membombardir lini masa. Gina DeVee, pembicara, motivator, dan pendiri Divine Living—penyedia jasa informasi dan penyuluhan tentang bisnis untuk wanita—asal New York, AS, memberikan rumus 90/10. Artinya, setiap foto di medsos harus mengandung 90 persen nilai, kiat, gambar menarik, dan hanya 10 persen promosi.

“Media sosial senjata baru yang sangat kuat bagi pemilik bisnis, terutama pebisnis wanita. Untuk memaksimalkan keuntungan, Anda perlu fokus ke membagikan cerita, menghubungkan emosi, dan membangun hubungan,” pungkas Khrisnan.

selesai

(riz / gur)

Penulis : Rizki Adis Abeba
Editor: Rizki Adis Abeba
Berita Terkait