Ternyata, Benda-benda Ini Dilarang Disimpan di Kamar Mandi

TEEN.CO.ID | 31 Maret 2017 | 18:40 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Demi alasan kepraktisan, kita kerap meletakkan barang-barang yang tiap hari digunakan di kamar mandi.

Padahal, sebenarnya ada barang-barang yang biasa diletakkan di kamar mandi, tapi tidak seharusnya disimpan di tempat yang tiap hari kita gunakan untuk membersihkan diri tersebut.

Berikut daftar dan alasanya:

Sikat Gigi

Sepertinya hampir semua orang sering meletakkan sikat gigi di kamar mandi. Sikat gigi yang terus-menerus disimpan di kamar mandi ternyata lebih berpotensi menjadi sarang bakteri.

Hasil penelitian dari Quinnipiac University bahkan menemukan kalau bakteri yang terdapat pada kotoran manusia, juga ditemukan di 60 persen sikat gigi yang diletakkan di kamar mandi.

Hal ini bisa terjadi karena bulu sikat yang lembab jadi tempat yang ideal untuk bakteri berkembang biak. Oleh karena itu, sebaiknya sikat gigi disimpan di luar kamar mandi dan pastikan mengeringkannya setiap selesai digunakan.

Handuk

Memang terasa sangat praktis jika setiap hendak mandi kita tidak perlu mengambil handuk di tempat berbeda. Tapi lagi-lagi, kebiasaan meletakkan handuk dalam kamar mandi sebaiknya mulai kita dihindari.

Serat-serat handuk yang tebal serta mampu menyerap air dengan baik, akan jadi tempat bersarangnya bakteri dan jamur jika kita menyimpannya di tempat lembab seperti di kamar mandi. Sebaiknya, gantungkan handuk yang telah digunakan di tempat dengan sirkulasi udara yang baik dan terkena sinar matahari.

Kosmetik

Kosmetik ataupun peralatan make up sebaiknya disimpan di tempat yang kering dengan suhu ruangan. Kamar mandi jelas bukan tempat yang bersahabat dengannya. Tempat yang lembab akan membuat produk kosmetik lebih tidak tahan lama. Selain kelembaban, paparan cahaya lampu yang intens dalam kamar mandi juga menjadi salah satu penyebab rusaknya bahan utama yang ada di dalam skincare kosmetik seperti vitamin C dan retinol.

Alat Cukur

Bercukur memang kegiatan rutin yang biasa kita lakukan di kamar mandi. Tapi bukan berarti kita boleh menyimpan alat cukur di ruangan tersebut. Kelembaban dan resiko terkena percikan air dapat membuat pisau cukur jadi lebih rentan berkarat dan mengurangi ketajamannya.

Parfum

Suhu ruangannya yang kadang tinggi dan bisa mendadak turun bila tidak digunakan, ternyata bisa membuat wangi parfum berubah drastis jika terlalu lama disimpan dalam kamar mandi.

Oleh karena itu, sebaiknya simpan parfum di tempat bersuhu konstan dan jauh dari sinar matahari langsung seperti di atas lemari atau meja belajar dalam kamar.

 

TEEN.CO.ID

 

Penulis : TEEN.CO.ID
Editor: TEEN.CO.ID
Berita Terkait