Dukung Ekonomi Kreatif Lokal, Bekraf Siapkan "IKKON 2017"

Romauli Gultom | 12 Juli 2017 | 00:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Republik Indonesia menggulirkan program Innovatif dan Kreatif melalui Kolaborasi Nusantara (IKKON) sebagai bagian dari pengembangan ekonomi kreatif lokal.

Pogram ‘IKKON 2017’ diluncurkan dan dikukuhkan oleh Kepala Badan Ekonomi Kreatif, Triawan Munaf, di Djakarta Theatre, Jakarta, belum lama ini.

Triawan Munaf menjelaskan IKKON merupakan sebuah program yang menempatkan seseorang atau sekelompok pelaku kreatif pada suatu wilayah di Indonesia yang bertujuan untuk mendorong dan membantu pengembangan potensi ekonomi kreatif lokal.

"Melalui program ini, diharapkan para peserta dan masyarakat lokal dapat saling berbagi, berinteraksi, bereksplorasi dan berkolaborasi. Sehingga, dapat saling memperoleh manfaat secara etis (Ethical Benefit Sharing) berkelanjutan," ujar Triawan.

Lebih lanjut dikatakan, program ini berkaitan dengan Nawa Cita atau sembilan cita cita dari pemerintahan Jokowi - JK yakni membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan.

"Tujuannya adalah menempatkan para desainer yang berbasis urban- akademis untuk berkolaborasi dengan perajin lokal yang berbasis rural- komunitas," imbuhnya.

Beberapa produk IKKON 2016 telah diakui kualitasnya melalui beberapa pameran luar negeri. Sebagai contoh, desain motif dari Sdr. Sylvie Arizkyani yang diwujudkan melalui keterampilan membatik Ibu Tarkinah dari Kecamatan Salem, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Dia terpilih oleh kurator untuk ditampilkan di Salone del Mobile Milano Italia.

Salah satu nilai lebih dari program IKKON ini adalah ethical benefit sharing atau saling memperoleh manfaat secara etis.

"Desainer akan mendapatkan royalti atas hak ciptanya, sementara para pelaku kreatif lokal memperoleh hak jasa produksi yang layak. Ini merupakan penghargaan kepada kedua belah pihak yang akan terus didorong pada setiap kesempatan program dan kegiatan Bekraf dalam rangka membangun ekosistem ekonomi kreatif," ujarnya.

Sementara itu, Deputi Riset Edukasi dan Pengembangan Bekraf, Abdur Rohim Boy Berawi, menambahkan bahwa pelaksanaan IKKON kali ini akan berlangsung di lima kota yakni Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Bojonegoro, Kota Banjarmasin, Kabupaten Belu dan Toraja Utara.

 

(uli / gur)

 

Penulis : Romauli Gultom
Editor: Romauli Gultom
Berita Terkait