Menyambut Hari Ibu, Anne Avantie Tekankan Pentingnya Sosok Panutan bagi Anak Perempuan

Redaksi | 19 Desember 2021 | 09:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Menyongsong Hari Ibu yang jatuh Desember ini, Mattel Indonesia melalui Barbie® menggelar sebuah diskusi untuk menekankan pentingnya role model bagi anak perempuan dalam mencapai cita-cita. Acara yang diadakan di Living World Alam Sutera juga turut dihadiri oleh Ersa Mayori, seorang momfluencer, Roslina Verauli, seorang psikolog anak, Anne Avantie, sebagai Role Model Barbie Indonesia 2021, berserta Ibunda. Pada kesempatan ini, Mattel Indonesia juga akan menyerahkan secara langsung boneka One of A Kind (OOAK) yang secara khusus dibuat menyerupai Anne Avantie.

Diskusi ini juga menginformasikan seberapa pentingnya peran orangtua, khususnya para Ibu dalam mengetahui keinginan anak perempuannya dan mendukung setiap langkah mereka untuk menjadi seperti apa yang diimpikan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Barbie® dengan University of New York, Princeton University, dan University of Illinois[1] menyatakan banyak anak perempuan mulai membatasi diri saat mereka berusia lima tahun dan berpikir bahwa mereka tidak secerdas dan tangkas seperti anak laki-laki yang disebut sebagai Dream Gap. Ini juga menjadi alasan Barbie® meluncurkan beberapa inisiatifnya di bawah payung Dream Gap Project, seperti program Role Model.

Demi membawa anak perempuan keluar dari zona Dream Gap, peran orangtua dan sekitar sangatlah penting dan salah satunya adalah dengan memberikan dukungan terhadap minat dan bakat mereka. "Peran ibu tak hanya sebatas memenuhi kebutuhan fisik, emosional, dan stimulasi dalam periode tumbuh kembang anak serta sebagai role model utama bagi anak. Anak mengacu pada ibu dalam memahami perilaku yang diharapkan tampil dalam situasi tertentu, nilai-nilai kehidupan yang dianut, hingga percaya bahwa anak perempuan dan laki-laki sama-sama memiliki kesempatan untuk sukses dan berkembang saat dewasa,” kata Roslina Verauli, M.Psi.Psi, Psikolog Klinis Anak, Remaja, dan Keluarga.

Program Barbie Role Model yang pertama kali diluncurkan pada tahun 2015 merupakan sebuah inisiatif dari Mattel Indonesia melalui Barbie® untuk mengangkat kisah dan cerita wanita-wanita hebat di seluruh dunia agar bisa menjadi inspirasi bagi anak-anak perempuan untuk meraih cita-cita mereka. Hal ini dilakukan dengan menghadirkan boneka One of A Kind (OOAK) yang dibuat khusus menyerupai sosok-sosok wanita inspiratif. Tahun ini, Barbie® menghadirkan sebuah boneka One of A Kind (OOAK) yang secara khusus dibuat menyerupai Anne Avantie sebagai wanita inspiratif Indonesia yang menerima boneka ini.

“Di periode dimana perkembangan anak mengalami banyak kesulitan dikarenakan perubahan sistem edukasi, dukungan sekitar menjadi sangat penting. Maka dari itu, Barbie® sebagai merek yang mendukung tumbuh kembang anak terutama anak perempuan terus tekankan pentingnya peran para Ibu dalam mendukung anak perempuannya untuk menjadi apapun yang mereka inginkan melalui program Role Model,” ungkap Mirsha Windyastuti, Brand Manager Mattel Indonesia.

Anne Avantie sebagai seorang designer legendaris kebanggan nasional yang memiliki segudang prestasi di bidang fashion Tanah Air dan aktif di kegiatan sosial untuk membantu UMKM dengan membentuk Pasar Tiban serta menjadi wanita pertama penerima boneka Barbie One of A Kind (OOAK) dari Indonesia turut melengkapi deretan wanita inspiratif dari berbagai negara yang telah mendapatkan penghargaan serupa.

“Penghargaan yang saya terima sebagai Barbie One of A Kind (OOAK) ini adalah salah satu hadiah terindah dalam perjalanan hidup dan karir saya. Saya senang dapat menginspirasi generasi muda untuk tidak takut bermimpi dengan segala keterbatasan yang dimiliki. Pastinya tanpa pendampingan Ibunda tercinta, saya bukanlah siapa-siapa. Oleh karena itu, saya harap setiap orangtua mengerti akan pentingnya sosok role model dalam mendampingi anak perempuannya untuk menggapai cita-cita yang dapat memberikan arti bagi kehidupan ini. Saya juga ingin mempersembahkan Boneka Barbie One of A Kind (OOAK) kepada Ibunda sebagai bentuk ucapan terimakasih saya,” pungkas Anne Avantie.

Boneka OOAK Anne Avantie ini didesain sedemikian rupa sehingga merepresentasikan Anne Avantie, lengkap dengan ciri khas beliau yaitu konde dengan hiasan bunga kamboja di sebelah kanan. Baju yang dikenakan oleh boneka ini kebaya tradisional sederhana berwarna hitam yang merepresentasikan Anne Avantie dalam kesehariannya. Tidak lupa pula selembar kain batik yang disampirkan di bahu sebelah kanan sebagai bagian yang tak terpisahkan dari Anne Avantie dan design-nya yang selalu memberikan sentuhan kecintaan pada kebudayaan Indonesia.

Melalui berbagai kampanye dan program inspiratif seperti ini, Barbie® akan terus mendorong anak-anak perempuan di Indonesia untuk menyadari bahwa tidak ada batas bagi mereka dalam mengejar cita-cita dan impian mereka.

Penulis : Redaksi
Editor: Redaksi
Berita Terkait