Mengenal Frogmore Cottage, Kediaman Baru Pangeran Harry dan Meghan Markle

Bunga Kusuma Dewi | 28 November 2018 | 04:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Pangeran Harry dan istrinya Meghan Markle akan pindah dari Istana Kesington ke Frogmore Cottage. Tempat ini dipilih pasangan yang menikah pada Mei 2018 ini untuk menyambut kelahiran anak pertama mereka yang diperkirakan lahir pada pertengahan tahun 2019.

Frogmore Cottage terletak di Windsor Estate, terletak sekitar 30 mill atau 48,2 kilometer di sebelah barat London, dekat dengan kediaman Ratu Elizabeth. Wilayah ini merupakan tempat di mana pasangan ini menikah pada Mei lalu.

Keputusan Pangeran Harry dan Meghan Markle pindah ke tempat itu sepertinya ingin mengenang pernikahan mereka setiap saat. Dari keterangan yang dikeluarkan oleh Kensington Palace, Pangeran Harry dan Meghan Markle rencananya akan pindah pada  awal tahun depan.

Seperti apa Frogmore Cottage yang akan menjadi tempat tinggal Pangeran Harry, Meghan Markle serta anak-anaknya kelak?

Dikutip dari Wikipedia, Frogmore Cottage merupakan rumah tingkat dua yang termasuk dalam lingkungan Frogmore House. Rumah ini terletak di Frogmore Estate, yang merupakan bagian dari Home Park, Windsor, Berkshire.

Frogmore Cottage dibangun oleh Ratu Charlotte sekitar tahun 1800-an dan digunakan oleh anak yang belum menikah.  Pada awalnya dikenal dengan Double Garden Cottage dan terdaftar sebagai bagian dari kebun milik Ratu Charlotte.

Perubahan nama menjadi Frogmore Cottage terjadi di masa kepemimpinan Ratu Victoria. Pada 28 Juni 1975, saat Ratu Victoria makan pagi di pondok tersebut, muncul sejumlah katak kecil di tempat tersebut. Itulah yang kemudian mengilhami nama untuk tempat tersebut.

Teolog Henry James Sr. dan keluarganya pernah tinggal di rumah tersebut pada 1840-an. Dilanjutkan kemudian Grand Duchess Xenia Alexandrovna Rusia yang tinggal di tempat itu pada tahun 1920.

Pelayan pribadi Ratu Victoria, Abdul Karim, juga pernah tinggal di Frogmore Cottage pada tahun 1897 bersama istri dan ayahnya.

Namun dibalik itu, mengutip dari Cosmopolitan, rumah itu juga menjadi tempat pemakaman anggota keluarga kerajaan. Tidak hanya Edward VII dan istrinya Wallis Simpson yang dimakamkan di sana, makam Ratu Victoria dan Pangeran Albert juga berada di halaman Frogmore House.

Hingga saat ini kawasan tersebut masih digunakan oleh Ratu dan anggota lain dari keluarga kerajaan sebagai retret pribadi atau acara resmi pertunangan kerajaan.

Pangeran Harry dan Meghan Markle memilih tempat tersebut tentu dengan pertimbangan yang sangat matang. Selama ini mereka tinggal di Nottingham Cottage, sebuah bangunan sederhana dalam Istana Kensington yang cukup ramai dan sulit untuk mendapatkan privasi karena berada di tengah-tengah London.  

Sementara itu di Frogmore, wilayahnya benar-benar pribadi. ”Frogmore berada di dalam zona keamanan Windsor, terpencil, damai, tenang dan yang paling penting, pribadi. Tak seorang pun akan melihat mereka datang dan pergi,” ungkap seorang sumber seperti dikutip dari The Daily Mail.

Selain itu, ibunda Meghan Markle, Doria, turut dilaporkan menjadi salah satu alasan pasangan itu memilih tinggal di Frogmore. Setelah Meghan Markle melahirkan, diyakini Doria akan sering mengunjungi putri serta cucunya.

(bun/bin)

Penulis : Bunga Kusuma Dewi
Editor: Bunga Kusuma Dewi
Berita Terkait