Cate Blanchett, Aktris Australia Pertama yang Koleksi 2 Oscar

Binsar Hutapea | 15 Maret 2014 | 18:31 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - KETIKA namanya masuk nominasi Aktris Terbaik di ajang Academy Awards 2014, banyak yang meramal Cate Blanchett (44) bakal menggondol Piala Oscar untuk kategori itu. Penampilannya dalam Blue Jasmine dianggap sangat memukau.

Berakting di film arahan Woody Allen, Cate memerankan Jasmine Francis, seorang sosialita di New York. Hidupnya mendadak berubah drastis setelah ia jatuh bangkrut. Sang suami yang ternyata seorang penipu, Hal Francis (Alec Baldwin), meninggalkannya.

Jasmine yang menjanda dan jatuh miskin kemudian pindah tinggal bersama adiknya, Ginger (Sally Hawkins) di San Francisco. Yang terjadi kemudian adalah serangkaian upaya Jasmine kembali menapaki tangga sosialnya. Ia ingin kembali eksis di kalangan kelas atas.

Dalam Blue Jasmine, Cate sukses menciptakan karakter Jasmine yang kekinian, angkuh, dan terobsesi dengan kehidupan sosialita.

Prediksi banyak pencinta film dan kritikus tak meleset. Juri Academy Awards menabalkannya sebagai Aktris Terbaik mengungguli nomine lainnya: Amy Adams (American Hustle), Judi Dench (Philomena), Meryl Streep (August: Osage County), dan  Sandra Bullock (Gravity).

Ini adalah Piala Oscar kedua Cate. Sebelumnya ia meraih piala yang sama untuk kategori Aktris Pembantu Terbaik di Academy Awards 2004 untuk perannya di film Aviator (2004). Raihan dua piala ini membuatnya setara dengan  Marlon Brando, Gary Cooper, Bette Davis, Robert De Niro, Tom Hanks, Sean Penn, Elizabeth Taylor, dan  Spencer Tracy--yang selama kariernya juga menggondol dua piala keemasan itu. Di negara asalnya, ibu tiga anak ini tercatat sebagai pelakon Australia pertama yang meraih dua Piala Oscar.

(bin/adm)

Penulis : Binsar Hutapea
Editor: Binsar Hutapea
Berita Terkait