5 Pilihan Buah Agar Tubuh Tetap Terhidrasi Saat Musim Kemarau

Alam Mary | 25 April 2024 | 09:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Memasuki musim kemarau, suhu mulai terasa panas. Matahari seolah menjadi lebih dari satu. Paparan panas tinggi sering menyebabkan tubuh mengalami dehidrasi. Ini jelas sesuatu yang membahayakan kesehatan!

Dehidrasi dapat memperlambat sirkulasi darah yang berdampak pada melambatnya pasokan oksigen ke otak. Kekurangan cairan juga dapat membuat jantung bekerja lebih keras untuk memompa oksigen. Semakin tinggi pengeluaran energi akan membuat Anda lebih cepat merasa lelah, lamban, dan tidak fokus.

Agar tubuh tetap dalam kondisi prima, maka kebutuhan cairan harian harus bisa terpenuhi. Selain air putih, beberapa jenis buah juga bisa membantu tubuh tetap terhidrasi. Tentu ini kabar baik bagi Anda yang tidak terlalu suka minum banyak air putih. Melansir Wion, berikut ini 5 jenis buah yang bisa menjadi pilihan.

1. Semangka

Buah semangka sangat kaya akan nutrisi. Kandungan airnya yang tinggi, kurang lebih 90 persennya, juga dapat mencegah penyakit kardiovaskular yang melibatkan jantung dan pembuluh darah.  

2. Stroberi

Buah stroberi tinggi kandungan Vitamin C, mangan, folat, potassium, Vitamin B, dan flavonoid. Semua yang dibutuhkan untuk kesehatan jantung sekaligus menurunkan kadar kolesterol.

3. Nanas

Buah nanas kaya akan Vitamin C. Ini akan membantu menjaga sistem imun dalam tubuh. Kandungan serat dan antioksidan pada nanas juga dapat membantu tubuh tetap terhidrasi.

4. Mangga

Buah mangga memiliki kandungan antioksidan yang tinggi yang dapat membantu menjaga daya tahan tubuh. Buah mangga yang manis menyegarkan juga rendah kolesterol dan dapat menjaga kesehatan mata. 

5. Muskmelon

Salah satu jenis melon yang paling manis dan berair ini sangat tinggi potassium. Kandungan penting yang dapat membantu mengontrol tekanan darah. Muskmelon juga tinggi Vitamin A dan C yang dapat membantu menjag kesehatan mata dan usus. Buah yang sempurna untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi.

Penulis : Alam Mary
Editor: Supriyanto
Berita Terkait