Berangkat ke Sukamiskin, Setya Novanto Pamitan dan Minta Maaf

TEMPO | 4 Mei 2018 | 18:40 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Mulai hari ini Setya Novanto yang menjadi terpidana kasus korupsi e-KTPakan menjalani hukuman di Lembaga Permasyarakatan Khusus Koruptor Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat. Setya terlihat santai dengan memakai kaus dan jaket kulit berwana hitam serta celana jeans biru tua. Setya sempat menemui awak media sebelum menaiki mobil tahanan untuk menuju Bandung.

Setya Novanto berpamitan kepada awak media yang telah menunggunya dari pagi. "Saya sekarang mau pamit," kata Setya di depan rutan Klas 1 KPK pada Jumat, 4 Mei 2018. Pada kesempatan itu Setya juga meminta maaf atas kesalahannya. "Sekali lagi, saya mohon maaf sebesar-besarnya," ujarnya. Di Lapas Sukamiskin nanti, dia mengaku akan memanfaatkan waktunya untuk belajar agama.

Setelah menemui awak media, Setya Novanto langsung menaiki mobil tahanan pada pukul 13.32 WIB. Setya terlihat beberapa kali tersenyum dan melambaikan tangan sebelum memasuki mobil tahanan. Juru bicara KPK Febri Diansyah mengatakan Setya Novanto akan menjalani hukuman penjara di Lapas Sukamiskin sesuai dengan putusan Pengadilan Tindak Pidana Korupsi. "Setya akan di eksekusi ke Lapas Sukamiskin," ujarnya.

Setya Novanto akan menjalani hukuman kurungan 15 tahun penjara setelah hakim menyatakan mantan ketua Dewan Perwakilan Rakyat itu terbukti melakukan korupsi dalam proyek pengadaan e-KTP. Setya juga harus membayar denda Rp 500 juta subsider kurungan 3 bulan. Setya Novanto juga diwajibkan membayar uang pengganti senilai US$ 7,3 juta dikurangi Rp 5 miliar seperti yang sudah dikembalikan. Juga dicabut hak politiknya selama lima tahun setelah menjalani masa hukuman.

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait