Pasukan Oranye Ingin Bertemu Ahok dan Ucapkan Selamat

TEMPO | 25 Januari 2019 | 07:15 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Indra Renaldy, 19 tahun, merasa terbantu dengan rekrutmen Pekerja Penanganan Sarana dan Prasarana Umum (PPSU) dari Pemerintah DKI Jakarta di era gubernur Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Ia kini bekerja sebagai PPSU Kelurahan Gambir.

Indra yang baru lulus dari bangku SMA tahun lalu langsung mendaftar PPSU. Ia mulai bekerja sejak September 2018. "Pengen sih (bertemu Ahok) tapi waktunya, kerja mulu," kata Indra, di kawasan Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis, 24 Januari 2019.

PPSU, yang juga sering disebut Pasukan Oranye, dibentuk pada era Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Saat itu dikeluarkan Peraturan Gubernur Nomor 169 Tahun 2015 tentang penanganan prasarana dan sarana umum tingkat kelurahan.

Peraturan gubernur ini yang kemudian menjadi landasan dalam perekrutan PPSU di tingkat kelurahan dan juga merupakan gabungan dari PHL di dinas-dinas. Para PPSU bertugas menangani beragam sarana dan prasarana seperti jalan, saluran air, hingga taman.

PPSU Kelurahan Gambir lainnya mengutarakan ingin bertemu dengan Ahok. Perempuan yang tak mau disebutkan namanya ini hendak mengucapkan selamat secara langsung kepada Ahok yang telah bebas dari jeruji besi. "Senang juga orang bekas bapak kita," kata perempuan berusia 45 tahun itu.

Ahok mendekam di rumah tahanan Mako Brimob Depok sejak Mei 2017. Dia divonis bersalah atas kasus penistaan agama. Mantan Bupati Belitung Timur itu resmi bebas dari penjara hari ini.

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait