Sukmawati Soekarnoputri Minta Maaf Sambil Menangis, Ketua MUI: Ada Kesungguhan

TEMPO | 5 April 2018 | 20:50 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Ketua MUI Ma'ruf Amin menilai permohonan maaf yang disampaikan Sukmawati Soekarnoputri kepada publik sambil menangis tersirat kesungguhan. "Beliau sudah minta maaf melalui media, ulama, datang sendiri ke sini dan di media menitikkan air mata. Artinya ada kesungguhan," kata Ma'ruf di Kantor MUI, Jakarta, Kamis, 5 April 2018.

Sukmawati Soekarnoputri meminta maaf atas puisinya bertajuk Ibu Indonesia yang sudah menimbulkan kontroversi di masyarakat dan dianggap melecehkan agama Islam. Saat menyampaikan permohonan maaf, Sukmawati menangis. "Saya mohon maaf lahir batin kepada umat Islam Indonesia khususnya bagi yang merasa tersinggung dan berkeberatan dengan puisi Ibu Indonesia," katanya sambil menyeka air matanya di Warung Daun Cikini, Rabu, 4 April 2018.

Ketua MUI Ma'ruf Amin berpendapat Sukmawati Soekarnoputri bersungguh-sungguh meminta maaf dibuktikan dengan kunjungannya ke Kantor MUI dan menemui para ulama. Karena itu Ma'ruf berharap umat Islam mau menerima permintaan maaf tersebut dan berhenti menghujatnya.

Ma'ruf Amin juga mengatakan MUI tidak akan mempersoalkan apakah isi puisi itu menghina ajaran Islam atau tidak. Tapi, kata dia, MUI akan berupaya untuk mendamaikan dan membangun kembali persaudaraan. Maruf berharap umat Islam mengurungkan niatnya untuk melakukan aksi demo terhadap Sukmawati. "Karena beliau sudah datang minta maaf, apa salahnya kalau kita beri maaf. Saya kira tidak ada salahnya. Saya hanya bisa berharap," ujarnya.

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait