Kisah Marcell Siahaan Menjelaskan Pekerjaannya kepada Anak

Wayan Diananto | 7 Agustus 2017 | 04:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Suatu hari, Marcell Siahaan (39) mengantar anaknya, Keenan Avalokita Kirana (10) menempuh ujian musik. Materi yang diujikan hari itu memainkan dram. Entah kenapa jantung Marcell Siahaan mendegup tak seperti biasanya. Untuk mengusir gugup itu, pelantun “Semusim” membuka obrolan dengan Keenan, buah pernikahannya dengan penulis dan penyanyi Dewi Lestari.

“Apa kamu gugup?” tanya Marcell Siahaan kepada Keenan.  
“Tidak, Ayah,” jawab Keenan, ringkas. 
“Apa ujiannya akan sulit?”
“Saya pikir tidak.”

Keenan ikut sekolah musik. Setiap kali ia ujian, Marcell Siahaan mengantar dengan perasaan deg-degan. Apalagi kalau ujiannya memainkan dram, perasaan bintang film Andai Dia Tahu mendadak sensitif. Maklum, selain dikenal sebagai solis, Marcell Siahaan juga pemain dram. 

“Ketika Keenan masuk ke ruang ujian dan pintu ditutup saya langsung menguping di muka pintu untuk memastikan ia melewati ujian dengan baik. Dan saya kepo, lagu apa yang dimainkan Keenan,” beri tahu Marcell Siahaan di Jakarta Pusat, minggu lalu. 

Setali tiga uang dengan kakaknya, Seth Ananda Siahaan (3), anak Marcell Siahaan dari pernikahannya dengan Rima Melati Adams, juga keranjingan dram.  Setiap pagi, saat Marcell Siahaan belum bangun, Seth lebih dulu masuk ke studio untuk menabuh dram. Di studio itu, ada sahabat Marcell Siahaan, Rommy Sofian sedang bermain bas dan Kitut membunyikan kibor. Marcell Siahaan kemudian memperlihatkan kepada putranya, bagaimana para musisi berlatih.

“Saat Seth melihat teman-teman saya berlatih, saya bilang kepadanya, 'Nak, inilah pekerjaan ayahmu.' Saya ingin ia melihat bagaimana ayahnya berproses. Saya memberitahu bahwa keluarga bisa berjalan sejauh ini karena kerja tim. Jangan sampai Seth berpikir instan, karena ia pun datang ke dunia tidak dengan instan. Saya ingin memperkenalkan sebanyak mungkin bentuk profesionalisme (di berbagai bidang) kepada Keenan dan Seth,” ia menukas.

Sebagai ayah, Marcell Siahaan bermimpi kelak menyanyi didampingi alunan musik gubahan anak-anaknya. Penyanyi kelahiran 21 September itu mengaku, kedua anaknya memiliki karakter berbeda. Itu tampak ketika Marcell Siahaan mengajukan satu pertanyaan dan kedua putranya menjawab dengan cara berbeda. Suatu hari, Marcell Siahaan meminta kedua anaknya menyebut hit yang pernah diciptakannya di industri musik Indonesia. Seth rupanya penggemar berat ayahnya. 

“Dia bisa menyanyikan 'Jangan Pernah Berubah', 'Semusim', dan 'Firasat' dengan cukup fasih. Sementara Keenan ketika ditanya hit ayahnya berpikir lama lalu menjawab 'Firasat'. Itu pun karena 'Firasat' ciptaan Dewi Lestari. Ketika saya memintanya menyebut lagu lain, dia malah balik bertanya, 'which one?'” seru Marcell Siahaan lalu tertawa.

Pada 23 September mendatang, Marcell Siahaan akan menggelar konser tunggal bertajuk “Once In A Lifetime” di Kuala Lumpur Convention Center, Malaysia. Konser itu menandai usianya yang ke-40 tahun dan 15 tahun berkarier di industri seni. Ia masih menutup rapat siapa bintang tamu konsernya nanti. Saat kami menebak bahwa Keenan akan tampil di panggung untuk menggebuk dram, Marcell Siahaan tersenyum simpul dan menjawab, “Wah, kita lihat saja nanti.”

 

(wyn / gur)

 

Penulis : Wayan Diananto
Editor: Wayan Diananto
Berita Terkait