Cerita Pengalaman Joko Anwar 9 Jam Merias Pocong

Wayan Diananto | 9 September 2016 | 22:15 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Sejak diperkenalkan akhir bulan lalu, film pendek Joko Anwar "Jenny" menuai banyak pujian. Film ini dibintangi aktris pendatang baru Asmara Abigail.

Jenny mengisahkan tentang perawat anak bernama Jenny yang menyebut nama mantan pacar beberapa kali di depan cermin. Beberapa menit kemudian, dia mendengar suara-suara aneh dan puncaknya, melihat penampakan pocong di rumah.

Joko Anwar mengakui, film ini terinspirasi dari film Candy Man dan horor klasik Pengabdi Setan.

“Bikin film pendek itu bukan berarti enggak menantang. Bayangkan, syuting tidak lebih dari dua hari namun untuk merias pocongnya saja sembilan jam. Hal lain yang menyenangkan dari film ini, pendatang baru Asmara Abigail. Dia tampil sangat mengesankan di film Garin Nugroho, Setan Jawa. Sejak itu, dia aktris favorit saya berikutnya!” seru Joko Anwar di Jakarta, pekan lalu.

Jenny bukan film pendek pertama Joko Anwar. Sebelumnya, pada 2012 ia memperkenalkan film pendek berdurasi 9 menit 21 detik, Grave Torture. Jenny dapat ditonton lewat aplikasi Tribe, sebuah perusahaan yang menyajikan layanan mobile video dan TV streaming bagi pengguna.

Joko Anwar menyambut baik hadirnya berbagai medium aplikasi untuk menonton film khususnya, film pendek. Mengingat, ruang apresiasi bagi film pendek masih sangat terbatas.

Pihak jaringan bioskop pun belum memberi ruang gerak leluasa bagi film berdurasi singkat.

“Sebagai pengguna Tribe, Anda dan saya diharapkan untuk menjadi pengisi konten juga. Saya dan Angga Dwimas Sasongko (sutradara film Cahaya Dari Timur: Beta Maluku-red) misalnya, ditanyai genre film favorit kami, film favorit kami, kemudian kami diberi kesempatan untuk merekonstruksi ulang. Dan inilah hasilnya,” Joko Anwar mengakhiri perbincangan.

 

(man/gur)

 

Penulis : Wayan Diananto
Editor: Wayan Diananto
Berita Terkait