RESENSI FILM A Quiet Place, Bertahan Hidup di Tengah Kesunyian

Andira Putri | 3 April 2018 | 17:40 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Satu lagi film Hollywood yang mengangkat tema serangan makhluk asing. Film tersebut berjudul A Quiet Place dan mulai tayang di Indonesia sejak Selasa (3/4). Meski kisahnya familiar, A Quiet Place memiliki bumbu berbeda yang mengusik rasa penasaran.

A Quiet Place mengangkat kehidupan pasangan suami istri Lee (John Krasinski) dan Evelyn (Emily Blunt) di tengah keberadaan makhluk asing. Mereka mencoba bertahan hidup dengan sejumlah kebutuhan pokok. Mereka juga berusaha menjaga kedua anaknya Regan (Millicent Simmonds) dan Marcus (Noah Jupe).

Sambil bertahan hidup, Lee mempelajari tingkah makhluk asing tersebut. Ternyata makhluk asing tersebut buta. Alhasil Lee dan keluarga memutuskan untuk hidup dalam kesunyian. Ketika bersuara, nyawa mereka bisa terancam.

Suatu hari, keluarga ini terpencar. Lee dan Marcus memutuskan untuk mencari bahan makanan di hutan. Sementara Evelyn menetap di rumah karena tengah hamil besar. Evelyn tidak sadar jika Regan diam-diam kabur sebagai buntut dari kekesalannya terhadap sang ayah.

Keputusan mereka untuk berpencar mengundang bahaya. Air ketuban Evelyn pecah. Kelahiran anaknya sudah semakin dekat. Jika melahirkan, Evelyn otomatis akan berteriak keras akibat rasa sakitnya. Makhluk asing tersebut pun siap datang.

A Quiet Place langsung melempar penonton ke tengah kehidupan keluarga Lee sejak awal film. Tidak ada penjelasan apa dan darimana makhluk asing tersebut. Tidak ada yang tahu jumlah manusia tersisa setelah serangan. Bahkan tidak ada yang sadar jika nama Lee, Evelyn, Regan, dan Marcus sama sekali absen disebutkan hingga credit title bergulir.

Ketidaktahuan penonton menjadi amunisi awal A Quiet Place untuk menebar teror. Ini dilanjutkan oleh suasana sunyi sepanjang film. Nyaris tidak ada latar musik dalam sebagian besar adegan. Percakapan Lee, Evelyn, Regan, dan Marcus pun dilakukan secara berbisik atau menggunakan bahasa isyarat.

Atmosfer sunyi dibangun dengan cemerlang oleh John Krasinski yang juga bertindak sebagai sutradara. Ini adalah bumbu yang menjadikan A Quiet Place berbeda dari film sejenis. Sepanjang film, Anda dijamin ikut menahan nafas dan merasakan ketegangan layaknya Lee, Evelyn, Regan, dan Marcus.

Di samping kesunyian, John Krasinski bersama penulis naskah Bryan Woods dan Scott Beck juga memberikan bumbu berbeda lain dalam A Quiet Place. Film ini kuat dari segi emosional dan tidak hanya menakuti penonton belaka. Ada potret tentang hubungan orang tua dan anak yang menyentuh hati dengan akting baik keempat pemeran utamanya.

(dira / wida)

Penulis : Andira Putri
Editor: Andira Putri
Berita Terkait