Melahirkan Normal Kala Wasir

Khairiyah Sartika | 14 Maret 2015 | 17:59 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - LAZIM sekali bagi ibu hamil mengalami wasir. Kebanyakan, wasir akan muncul di kala hamil trimester ketiga.

Penyebabnya adalah pada saat kehamilan, jumlah dan sirkulasi darah meningkat pesat sehingga pembuluh vena di daerah bokong semakin membesar. Ketika ukuran rahim bertambah besar, kondisi ini lantas menekan pembuluh vena sehingga membengkak dan muncul wasir.

Wasir tidak membahayakan jiwa penderitanya, namun akan membuat cemas ibu hamil yang ingin melahirkan secara normal. Proses melahirkan normal dalam kondisi wasir memang berisiko menimbulkan pendarahan tapi masih dapat dilakukan. Ketika persalinan, dokter tidak akan menggunting ke arah anus tapi ke sampingnya untuk menghindari benjolan wasir.

Meski begitu, ada baiknya melakukan pencegahan supaya proses persalinan normal berjalan lancar tanpa wasir, yakni dengan banyak mengonsumsi makanan berserat tinggi. Hal ini untuk mencegah sembelit agar benjolan wasir tidak semakin membesar. Roti gandum, sereal, buah, kacang-kacangan, dan sayuran adalah makanan berserat tinggi.

Selain mengonsumsi makanan berserat tinggi, minumlah air yang banyak, minimal 8 gelas sehari. Serta, jangan duduk atau berdiri terlalu lama karena akan menambah tekanan pada pembuluh vena. Pastikan tetap melakukan olahraga sesuai anjuran dokter. Untuk mengurangi rasa nyeri, rendam bokong di air hangat.

Pencegahan lain yang penting diperhatikan yaitu jangan menahan BAB. Anda juga dapat mengurangi tekanan pada perut dengan berbaring miring ke kiri selama beberapa saat.

Mengonsumsi obat wasir juga dapat mencegah tapi sebaiknya berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter untuk menentukan obat mana yang cocok untuk kehamilan.

Pilih obat wasir yang terbuat dari bahan alami supaya aman dikonsumsi setiap hari. Seperti Hemorid, obat wasir herbal dengan 100 persen bahan alami, dengan cepat dan aman dapat menghilangkan gejala wasir, seperti benjolan pada rektum, rasa sakit dan nyeri, serta menghentikan pendarahan akibat wasir. Tentu juga aman bagi ibu yang baru melahirkan serta ibu menyusui yang mengalami wasir.

(tika/gur)

Penulis : Khairiyah Sartika
Editor: Khairiyah Sartika
Berita Terkait