Cerita Jeng Ana, Belanja Baju Ratusan Juta Hingga Arisan Bernilai Miliaran

Ari Kurniawan | 7 April 2015 | 12:15 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Ahli pengobatan herbal atau herbalis Jeng Ana mengaku ditipu oleh desainer kondang Hengki Kawilarang. Modus yang digunakan adalah arisan bodong.

Tak tanggung-tanggung, nilai uang yang dilaporkan Jeng Ana mencapai 1,5 miliar rupiah.

"Satu orang 50 juta (rupiah). Saya setor 100 juta untuk dua orang. Setiap bulan, sebelum tanggal 18 saya diharuskan setor 100 juta. Saya seperti diuber, katanya harus sebelum tanggal 18," kisah Jeng Ana kepada wartawan, Senin (6/4).

Namun saat putaran arisan berakhir, Jeng Ana tak kunjung mendapatkan uang yang seharusnya dia dapat. Hengki justru menghilang.

"Akhirnya saya datang ke butiknya. Katanya, orangnya masih tur ke mana-mana. Sampai akhir Juni (2014) belum dikembalikan sama dia. Saya selalu dikasih janji sabar-sabar sampai 2015 ini," lanjutnya.

Hubungan Jeng Ana dengan Hengki Kawilarang sebelumnya hanya sebatas pelanggan dan pembuat busana wanita.

Jeng Ana termasuk konsumen yang royal. Setiap bulannya ia rutin membeli baju dari Hengki. Sekali belanja, antara tiga sampai empat potong sekaligus dengan harga per potongnya mencapai 15 juta rupiah.

Artinya, dalam setahun Jeng Ana bisa menghabiskan ratusan juta untuk belanja baju pada Hengki. Dia tak menyangka, hubungan bisnis yang semula baik akan berujung pada kasus penipuan seperti sekarang.

"Saya tidak pernah tahu itu arisan. Ini pelajaran buat saya supaya lebih hati-hati. Baru pertama kali kena begitu, apalagi itu banyak, ya. Kalau 100 juta saya ikhlas, tapi ini uang hasil saya 24 jam kerja. Saya pikir nabung, ternyata tidak ada," sesal wanita yang pernah menangani penyakit Olga Syahputra itu.

Hengki Kawilarang saat ini sudah diamankan oleh penyidik Direktorat Kriminal Khusus Polda Metro Jaya. Sejak awal 1 April 2015, desainer yang kerap membuatkan baju untuk Syahrini itu sudah ditetapkan sebagai tersangka.

(ari/yb)

Penulis : Ari Kurniawan
Editor: Ari Kurniawan
Berita Terkait