Agar Anak Tidak Tumbuh Jadi Pribadi yang Pesimis

Yuriantin | 31 Mei 2017 | 18:40 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Anak kecil sering dicap mudah menyerah, namun para orang tua tentu tidak menginginkan sifat ini terbawa hingga kelak mereka dewasa. Meski hal yang wajar anak mudah menyerah ketika masih kecil, orang tua wajib mengajarkan anak untuk tetap optimis. 

Kuncinya, anak harus punya rasa percaya diri terhadap dirinya sendiri. Mulailah memupuk sifat optimis anak dengan beberapa langkah berikut:

Fokus pada kelebihan anak

Meski anak tidak acuh, tetaplah ingatkan mereka pada sifat positif dan kelebihan yang mereka miliki. Dalam hati, anak akan merasa senang ada yang menghargainya sehingga ia lebih terdorong untuk melangkah maju. 

Ajarkan anak mencari solusi

Anak yang pesimis biasanya sulit menemukan solusi bahkan untuk permasalahan yang kecil. Dorong inisiatif anak untuk mencari solusi setiap permasalahan yang dihadapi. Mulailah dengan membantu anak dan menjelaskan berbagai solusi yang bisa dilakukan seperti dilansir laman Young Parents.

Dorong anak menjalin pertemanan

Rasa percaya diri anak akan meningkat jika ia bisa beraktivitas bersama dengan teman-temannya. Meski lingkaran pertemanan anak terus berganti, hubungan pertemanan akan mendorong anak lebih terbuka tentang apapun yang ia rasakan. 

Curahkan perhatian pada anak

Selalu luangkan waktu untuk bertanya tentang keadaaan anak dan libatkan diri Anda dalam setiap kegiatannya. Meski ia terkesan tidak peduli, tapi perhatian Anda akan membuat anak merasa dihargai dan dicintai.

 

(yuri/wida)

Penulis : Yuriantin
Editor: Yuriantin
Berita Terkait