Mengangkat Beban Terlalu Berat Memiicu Nyeri Punggung dan Leher

aura.co.id | 12 November 2016 | 05:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - TAIDAK bisa dipungkiri bahwa setiap orang tentu pernah merasakan nyeri di sekitar punggung dan leher.

Hal itu perlu diwaspadai, karena saat terasa nyeri artinya ada gangguan di sekitar bagian tersebut.

Salah satu pemicunya bisa dikarenakan angkat beban yang terlampau berat.

"Rasa nyeri di daerah punggung dan leher sudah terbiasa dikeluhkan setiap orang tentunya. Kadang di daerah punggung disertai rasa sakit di tungkai sekitar bokong hingga telapak kaki," jelas Spesialis Ortopedi dari MRCCC Siloam Hospitals Semanggi, dr. S. Dohar A.L. Tobing SpOT, K-Spine, beberapa waktu lalu.

Sedangkan, kata dr. Dohar, nyeri pada leher disertai dengan nyeri pada kedua lengan. Hal ini terjadi bila disertai dengan gangguan pada saraf.

"Penyebabnya sangat beragam. Mulai dari gangguan saraf, otot, degenerasi bantalan tulang belakang (disk), arthritis, infeksi, trauma, tumor dan gangguan autoimun," ujarnya.

Untuk mengetahui penyebabnya, maka perlu dilakukan pemeriksaan laboratorium dan juga investigasi dengan pemeriksaan radiologis, baik foto rontgen biasa dan CT scan atau MRI. Meski demikian, sebagian besar keluhan tersebut dapat diatasi dengan obat-obatan dan fisioterapi.

Namun, tidak sedikit beberapa kasus memerlukan adanya tindakan pembedahan. Menurut dia, saat pasien merasakan sakit yang berulang-ulang, nyeri punggung terjadi dari leher, punggung atas, tengah dan bawah.

“Apabila ada gangguan syarafnya, sehingga diperlukan memperkuat otot sekitar itu supaya mampu menyangga atau dengan tindakan pembedahan dekompresi atau pengurangan tekanan," imbuhnya.
 
Dr. Dohar juga menambahkan, untuk menghindari terjadinya gangguan nyeri di sekitar leher dan punggung, sejak dini harus ada aktivitas otot supaya terbiasa.

 

AURA.CO.ID

 

Penulis : aura.co.id
Editor: aura.co.id
Berita Terkait