Menyimpulkan Makna Buku Bacaan untuk Anak Tidak Dianjurkan, Lo

Yuriantin | 21 Juli 2017 | 13:50 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Salah satu manfaat mendongeng atau membacakan buku adalah mengajarkan nilai moral pada anak. Meski rutin dilakukan, bukan hal mudah memastikan apakah anak menyerap nilai-nilai tersebut.

Maka tak heran, orang tua kerap menjabarkan nilai moral dari sebuah buku dengan harapan anak paham. Namun, menurut praktisi pendidikan anak Najelaa Shihab, orang tua tidak perlu melakukan kebiasaan itu.

"Orang tua tidak perlu menyimpulkan nilai tersebut untuk anak, tidak perlu menggurui," ujarnya dalam sebuah diskusi di kawasan Sudirman, Jakarta.

Menurut Najelaa, biarkan anak menyimpulkan sendiri nilai dari buku tersebut. "Biarkan buku jadi pembuka percakapan antara orang tua dan anak sekaligus jadi refleksi," sambung Najelaa. Dari buku, ucapnya, orang tua bisa melihat bagaimana anak mengidentifikasi karakternya dengan karakter dalam buku.

Satu trik yang bisa dicontoh dari Dira Sugandi yang juga hadir dalam diskusi tersebut adalah bertanya balik pada anak. "Biasanya aku tanya balik ke anak aku, apa maknanya dari buku itu. Anak ngerti koq, kadang kita yang terlalu underestimate saja," tuturnya.

 

(yuri / wida)

Penulis : Yuriantin
Editor: Yuriantin
Berita Terkait